nusabali

Warga Ramai Kunjungi Gerakan Pangan Murah

  • www.nusabali.com-warga-ramai-kunjungi-gerakan-pangan-murah

GIANYAR, NusaBali - Warga ramai mengunjungi Gerakan Pangan Murah di Alun-alun Kota Gianyar, Jumat (26/7). Dagangan yang dijual harganya lebih murah dari pasaran. Di antaranya beras, minyak goreng, buah-buahan, telur, sayur-sayuran, tempe, tahu, dan produk olahan.

Kadis Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gianyar I Gusti Ayu Dewi Hariani mengatakan sebanyak 21 pedagang ikut dalam pelaksanaan GPM. Di antaranya Perum Bulog, PT Perusahaan Pedagang Indonesia, Prima Food, Puspa Aman Tulikup, dan kelompok binaan yang bekerja sama dengan Pemkab Gianyar. "Ada juga produk olahan seperti cendol, jajanan Bali, sate, dan lain sebagainya," jelas Gusti Dewi Hariani.

Gerakan Pasar Murah menjadi kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Harga yang ditawarkan lebih murah dari harga di pasaran.

Gusti Dewi Hariani mengatakan, GPM dicanangkan oleh pemerintah pusat agar dilaksanakan di daerah-daerah termasuk Gianyar. Tujuannya menstabilkan pasokan dan harga pangan serta menjaga inflasi. GPM merupakan gerakan menstabilkan pasokan dan harga pangan serta menjaga inflasi tetap stabil menyambut HUT ke-3 Badan Pangan Nasional pada tanggal 29 Juli 2024. 

"Di pertengahan tahun ini harga sudah mulai naik, beras naik karena di bulan ini merupakan musim tanam, namun Pemkab Gianyar sudah bekerja sama dengan Perum Bulog untuk memberikan harga di bawah harga pasaran," jelas Gusti Dewi Hariani. Selain menstabilkan harga, GPM bisa mendidik masyarakat untuk berjualan tanpa perlu melalui pihak kedua. 

Pelaksanaan GPM ditinjau oleh Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa didampingi Sekda Gianyar dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Gianyar. 7 nvi

Komentar