nusabali

Penumpang Meninggal dalam Kapal Laut

  • www.nusabali.com-penumpang-meninggal-dalam-kapal-laut

Korban yang PNS menumpang kapal dari Pelabuhan Lembar hendak ke Bali. Korban diketahui meninggal setelah KMP Nawasena tuntas bongkar muat.

AMLAPURA, NusaBali
Salah seorang penumpang KMP Nawasena, I Made Ardika, berstatus duda, dari Jalan Gora, Gang Rambutan, Lingkungan Sindu, RT/RW 011/128 Kelurahan Cakra Negara Utara, Kecamatan Cakra, Mataram NTB, ditemukan meninggal saat kapal bongkar di Dermaga II Pelabuhan Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Jumat (26/7) pukul 03.18 Wita.

Korban yang PNS menumpang kapal dari Pelabuhan Lembar hendak ke Bali. Korban diketahui meninggal setelah KMP Nawasena tuntas bongkar muat. Namun tersisa satu sepeda motor DR 2165 EM yang belum diambil pemiliknya. Setelah saksi Aldi Kaprian mengecek pemilik sepeda motor, ditemukan seorang penumpang sedang tidur di kursi belakang.

Saksi Aldi Kaprian membangunkan korban, tetapi tidak ada respons. Setelah dicek petugas Pelabuhan Padangbai, ternyata korban telah meninggal.

Selanjutnya jenazahnya dititipkan di RSUD Karangasem. Belum ada yang mengetahui arah tujuan korban. Karena tidak ada teman yang diajak korban saat naik kapal. Kasus itu dilaporkan Agus Supriadi, karyawan swasta dari PKH Blok D3 Nomor 34 Kotasari, Gerogol, Cilegon. Saksi lain menguatkan  kasus itu, Mulyono dari Dusun Krajan, RT/RW 002/013, Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jatim.

Kepala Jaga Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai I Nyoman Parwata membenarkan ada penumpang meninggal di atas kapal. "Ya, memang ada penumpang ditemukan meninggal di atas kapal apa penyebabnya diduga karena sakit sehingga kelelahan sepanjang perjalanan," katanya.

Sedangkan Kepala Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai Mustajib mengatakan, mengenai penumpang yang meninggal agar menghubungi pihak PT ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) Indonesia Ferry Padangbai.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol I Nyoman Merta Kariana juga membenarkan adanya penumpang yang meninggal setelah dievakuasi jenazahnya dititipkan di RSUD Karangasem. "Terkait kasus itu ditangani petugas Satuan Polair Polres Karangasem," jelas Kompol Kariana.

Kasat Polair Polres Karangasem AKP I Gusti Suastawan dihubungi mengatakan, jenazahnya telah dititipkan di RSUD Karangasem, dan pihak keluarganya telah dihubungi. "Keluarga korban telah kami hubungi," katanya.

Sebelumnya, penumpang kapal Suhri, 46,  dari Jalan Abadi, Gang Abadi, Desa Mungkuk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, meninggal di atas KMP Rama Giri Nusa, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Selasa (21 November 2023) pukul 13.30 Wita. Hanya saja sesaat sebelumnya meninggal korban mengeluhkan sakit di bagian dada.

Korban Suhri itu sebenarnya penumpang bus Tiara Mas, EA 7631 A trayek Kabupaten Bima-Jakarta. Sesaat sebelum kejadian, bus Tiara Mas itu tiba di Pelabuhan Padangbai sekembali dari Jakarta hendak menyeberang dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, NTB.7k16

Komentar