nusabali

Menunggu Terobosan Hakim Cantik di PN Denpasar

Heriyanti Resmi Jabat Waka PN Denpasar

  • www.nusabali.com-menunggu-terobosan-hakim-cantik-di-pn-denpasar

DENPASAR, NusaBali - Heriyanti, yang sebelumnya menjabat Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Singaraja dan dikenal sebagai hakim yang tegas dan berkomitmen dalam penegakan hukum, kini kembali bertugas di PN Denpasar dan ditasbihkan sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri (Waka PN) Denpasar yang baru.

Sosok perempuan luar biasa dengan segudang pengalaman ini sebelumnya dikenal sebagai musuh para penjahat seksual dan koruptor. Heriyanti, yang baru saja menyelesaikan tugasnya sebagai KPN Singaraja, menyatakan kesiapannya untuk mendukung KPN Denpasar I Nyoman Wiguna, dalam menjalankan tugas-tugas pengadilan. “Saya siap membantu Pak Ketua I Nyoman Wiguna,” ujarnya singkat di PN Denpasar, pada Jumat (26/7) pagi.

Selama menjabat sebagai KPN Singaraja, Heriyanti menunjukkan ketegasannya dalam menangani berbagai kasus, terutama yang berkaitan dengan kesusilaan dan perkara anak. Ia dikenal tidak segan menjatuhkan vonis lebih berat dari tuntutan jaksa, khususnya dalam kasus yang melibatkan anak sebagai korban kekerasan seksual. 

Sebelumnya, karier Heriyanti di bidang hukum dimulai pada 1 Desember 2002 sebagai calon hakim di PN Binjai setelah menyelesaikan studi S1 Ilmu Hukum di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan. Empat tahun kemudian, ia dipromosikan menjadi hakim tingkat pertama di PN Padang Panjang. Pengalaman Heriyanti dalam berbagai daerah di Indonesia, termasuk Pulau Sulawesi, membuktikan ketegasannya dalam menangani berbagai kasus.

Heriyanti kemudian berpindah tugas ke berbagai PN di Majalengka, Simalungun, dan Selong, sebelum dipromosikan menjadi Wakil Ketua PN Polewali, Sulawesi Barat, pada 9 Juni 2015. Ia kemudian menjabat sebagai Ketua PN Polewali pada 21 November 2016. Pada 13 Juni 2019, Heriyanti juga sempat menjadi hakim di PN Denpasar dan kemudian menjadi Wakil Ketua PN Singaraja dan Ketua PN Singaraja, sebelum akhirnya kembali ke PN Denpasar dengan jabatan barunya. “Di PN Singaraja saya sempat 8 bulan menjabat Waka PN. Selanjutnya selama dua tahun empat bulan saya menjabat Ketua PN Denpasar,” ujar hakim cantik ini.

Selama bertugas di PN Singaraja, Heriyanti membawa berbagai inovasi seperti aplikasi pelayanan daring dan persidangan elektronik. Ia juga berupaya meningkatkan pelayanan publik melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan lainnya.

Dengan pengalaman kurang lebih 20 tahun sebagai hakim, Heriyanti telah menyidangkan berbagai perkara, termasuk tindak pidana korupsi (tipikor), lingkungan hidup, serta perlindungan anak dan perempuan. Hal ini sejalan dengan sertifikasi hakim yang dimilikinya. 

Tak hanya itu, Heriyanti juga mempersembahkan berbagai penghargaan saat menjabat Ketua PN Singaraja selama 3 tahun. “Yang paling berkesan pada tahun 2023 ketika saya sebagai Ketua PN Singaraja dinobatkan sebagai Terbaik Pertama Role Model Pimpinan pada kategori PN Kelas 1B,” pangkas Heriyanti. 7 cr79

Komentar