nusabali

Kesbangpol Galang Donasi Bendera Merah Putih

Sambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI

  • www.nusabali.com-kesbangpol-galang-donasi-bendera-merah-putih

SINGARAJA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kembali menggalang donasi bendera merah putih.

Pengumpulan bendera merah putih ini untuk menyemarakkan dan mendukung gerakan 10 juta bendera pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI.

Kepala Badan Kesbangpol Buleleng, Komang Kappa Aryandono, Jumat (26/7) kemarin menjelaskan, penggalangan donasi bendera merah putih sebagai tindak lanjut Surat Kemendagri Nomor: 400.10.1.1/2152/SJ. Dalam surat yang diterbitkan 8 Mei 2024 lalu, menghimbau kepada seluruh pemerintah daerah melakukan pembagian bendera merah putih.

“Donasi bendera kami menggalang partisipasi swadaya masyarakat secara pribadi atau berkelompok, partai politik, organisasi kemasyarakatan, seluruh unsur pemerintah dan swasta. Sampai saat ini masih berjalan penggalangan sampai terakhir donasi masih bisa kami terima tanggal 29 Juli ini,” terang Kappa.

Menurut Kappa, jumlah donasi bendera dari seluruh komponen masyarakat tidak ada batasan. Meski dianjurkan untuk berdonasi bendera ukuran 15 x 22 cm atau ukuran 20x30 cm. Seluruh masyarakat dibebaskan berdonasi, sesuai kemampuan dan keikhlasannya.

Program pembagian bendera merah putih serangkaian HUT ke-79 Kemerdekaan ini, untuk menggugah rasa cinta Tanah Air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia. Setelah donasi ditutup, seluruh bendera merah putih yang terkumpul, akan dibagikan kembali kepada masyarakat.

“Pembagian bendera juga nanti dilakukan serentak di seluruh Indonesia dari tanggal 1-17 Agustus mendatang. Selain dibagikan langsung kepada masyarakat, juga akan dipasang di fasilitas umum, perkantoran hingga seluruh rumah masyarakat,” papar Kappa.7 k23

Komentar