nusabali

Indonesia U19 Vs Thailand U19, Misi Ulangi Sejarah 2013

  • www.nusabali.com-indonesia-u19-vs-thailand-u19-misi-ulangi-sejarah-2013

SURABAYA, NusaBali - Laga final Piala AFF U-19 2024 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 Indonesia U-19 vs Thailand U-19 berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, pada Senin (29/7) malam nanti pukul 20.30 Wita.

Laga tersebut tayang live di SCTV serta streaming Vidio. Dalam pertandingan ini, Indonesia dalam misi mengulang sejarah saat menjuarai AFF U19 tahun 2013 silam bersama generasi Evan Dimas cs. Capaian 11 tahun lalu sekaligus menjadi kali terakhir dan satu-satunya, Garuda Muda mengangkat trofi AFF U19.

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri memanfaatkan waktu jeda istirahat satu hari menjelang laga final Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 untuk memulihkan fisik dan menguatkan mental para pemainnya. Timnas U-19 hanya memiliki waktu istirahat satu hari untuk mempersiapkan laga final Piala AFF U-19 melawan Thailand U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, besok Senin (29/7) pukul 19.30 WIB setelah mereka menaklukkan Malaysia U-19 dengan skor 1-0 di semifinal kemarin Sabtu (27/7) malam.

"Alhamdulillah kita bisa mencapai final dan besok tanggal 29 malam kita akan melakukan pertandingan pamungkas melawan Thailand. Antara semifinal dan final kita hanya punya waktu satu hari," kata pelatih 61 tahun itu melalui keterangan resminya di Surabaya, Minggu (28/7). "Oleh sebab itu yang paling penting kami tim pelatih melakukan bagaimana recover pemain benar-benar pulih," tambahnya.

Pada sesi hari ini (kemarin), ia mengatakan agenda timnya adalah sesi pemulihan fisik dilakukan di kolam renang dan penguatan mental bersama psikolog tim. "Dengan mepetnya waktu itu, kami hanya membuat sesi di kelas yaitu ada sesi psikolog. Bagaimana kesiapan mereka secara mental untuk pertandingan besok (mala mini)," katanya.

"Dan sore hari jam 4 kita melakukan recovery secara fisik di kolam renang. Para pemain yang tidak main kita lakukan sesi yang berbeda," imbuhnya. Indra mengatakan dengan sesi yang sudah dilakukan timnya ini, ia memaparkan kondisi fisik Dony Tri Pamungkas dan kawan-kawan kini sudah sangat baik. "Alhamdulillah sampai siang hari ini para pemain mulai secara perlahan pulih. Tim medis kita bekerja sangat baik melakukan terobosan-terobosan bagaimana supaya recovery mereka cepat pulih," ucapnya.

Selain selesai pemulihan fisik dan mental, Indra memaparkan sesi pada hari ini juga diisi dengan mempersiapkan strategi terbaik tim untuk mengalahkan Thailand dalam misi menjemput kemenangan kedua di Piala AFF U-19. "Dan juga, kita berdiskusi menganalisa pertandingan lawan Thailand besok. Analisa juga dilakukan oleh para pemain secara grup. Dan juga kita melakukan analisa tim pelatih, match analyst, serta tim statistik kita," tutupnya.

Indra Sjafri berharap dirinya kembali ‘berjodoh’ dengan Jawa Timur setelah  mengantarkan Timnas U-19 ke final Piala AFF U-19 2024 di Surabaya, Jawa Timur. Jawa Timur menjadi ‘rumah’ tersendiri bagi Indra setelah pada edisi 2013  di Sidoarjo, pelatih asal Batang Kapas, Sumatera Barat itu mengantarkan generasi Evan Dimas dan kawan-kawan menjadi juara Piala AFF U-19 untuk pertama kalinya.

Pada edisi tahun ini di Surabaya, Indra kembali bawa Indonesia ke final Piala AFF U-19 untuk kedua kali setelah memecahkan rekor belum pernah melawan Malaysia U-19 pada laga semifinal dengan kemenangan 1-0 melalui gol Muhammad Alfharezzi Buffon pada menit 77 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu malam. Kemenangan pada laga final Senin mala mini melawan Thailand U-19 akan membuat Indonesia mengoleksi dua gelar juara Piala AFF U-19 dari dua kali penampilan  final.

"Saya bersykur kita bisa ke final. Seperti yang disampaikan kemarin, ini final kedua saya di Jawa Timur dan mudah-mudahan Jawa Timur menjadi kota yang baik untuk saya," kata Indra pada sesi jumpa pers setelah laga. Untuk persiapan menjelang final melawan anak-anak asuhan Emerson Pereira nanti, Indra mengatakan pekerjaan rumah pertamanya adalah memulihkan kondisi para pemain. "Thailand tadi juga menang dan akhirnya ketemu lagi dengan Thailand," kata Indra. "Dia menang beberapa jam recovery dan saya minta tim dokter tadi segera bekerja malam ini tentang siapa-siapa saja pemain yang cedera dan memberikan pemulihan yang cepat terhadap pemain," tambahnya.
Di sisi lain, Thailand kini sama hausnya dengan Indonesia. Terakhir kali tim berjuluk The Young War Elephant itu mampu menjadi juara pada 2017 silam. Itu juga kali terakhir Thailand mampu mencapai final AFF U19. Bagi Thailand, tambahan 1 gelar lagi bakal menempatkan mereka sebagai tim tersukses AFF U19. Saat ini, The Young War Elephant sudah 5 kali juara atau sama dengan capaian Australia. Datang ke final AFF U19 2024, Indonesia sejauh ini tampil cukup sempurna. Doni Tri Pamungkas dan kolega menjadi satu-satunya tim yang menorehkan 100 persen kemenangan dari 4 laga. Garuda Muda menciptakan 15 gol dan 2 kali kebobolan.

Secara statistik, Indonesia di AFF U19 2024 ini bisa dibilang lebih baik dibandingkan AFF U19 2013 silam. Pasalnya, 11 tahun lalu, tim berlabel Garuda Jaya itu hanya mencatatkan 14 gol dan 5 kali kebobolan saat tampil 7 kali. Meski di sisi lain, pada 2013 silam, Indonesia dihadapkan banyak lawan tangguh seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia. 7 ant


PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Indonesia U19 (3-5-2): Ikram Alghifari; Alfahrezzi Buffon, Kadek Arel, Iqbal Gwijangge; Muhammad Mufli Hidayat, Figo Dennis, Toni Firmansyah, Welber Jardim, Dony Tri Pamungkas; Arkhan Kaka, Jens Raven. Pelatih: Indra Sjafri.

Thailand U19 (4-4-2): Kittipong Bunmak; Pikanet Laohawiwat, Jhetsaphat Kuanthanom, Singha Marasa, Piyawat Petra; Jirapong Pungviravong, Thanakrit Chotmuangpak, Chanothai Kongmeng, Nattapakun Promthongmee; Thanawut Phochai, Caelan Ryan. Pelatih: Emerson Pereira.

Komentar