nusabali

Sampah Menumpuk, Krama Pagi Bersihkan Sungai

  • www.nusabali.com-sampah-menumpuk-krama-pagi-bersihkan-sungai

TABANAN, NusaBali - Serangkian Karya Ngusaba di Desa Adat Pagi, Desa Senganan, Kecamatan Penebel warga setempat lakukan aksi bersih sungai Yeh Marga, pada Minggu (28/7). Bersih sungai ini sudah dilakukan sebanyak empat kali dengan hasil sampah yang berlimpah.

Bersih sungai ini dilakukan serangkaian persiapan arena lomba mancing jelang Karya Ngusaha di Pura Desa Ganggangan setempat. Nantinya peserta mancing ini akan melibatkan 800 orang.

Ketua Panitia I Wayan Sony Artha mengatakan aksi bersih sungai ini bagian dari persiapan Karya Ngusaba. Sebab sungai akan dijadikan arena mancing untuk penggalian dana. "Bersih sungai sudah kita lakukan sampai 4 kali. Setiap dibersihkan banyak sampah yang diangkut terutama sampah bambu," ujarnya.


Menurutnya, selain sebagai persiapan Karya, bersih sungai ini juga dilakukan supaya areal hulu dan hilir menjadi bersih untuk menyambut karya yang digelar November 2025 mendatang.

Sebab, kata Sony Artha, Karya Ngusaba yang digelar adalah karya kedua kalinya setelah yang pertama digelar sekitar 75 tahun lalu. Intinya kita ingin menggerakkan dan menggugah hati masyarakat supaya tergerak ikut menjaga lingkungan untuk persiapan karya," katanya.

Dia pun berharap lewat aksinya bersih-bersih ini, masyarakat lain bisa ikut tergugah untuk ikut menjaga kebersihan sungai. Apalagi saat ini pencemaran lingkungan dalam artian pembuangan sampah masih menjadi atensi pemerintah. 7des

Komentar