nusabali

SLBN 1 Buleleng Ikuti BSC 2024, Ruang Pembentukan Karakter Percaya Diri

  • www.nusabali.com-slbn-1-buleleng-ikuti-bsc-2024-ruang-pembentukan-karakter-percaya-diri

SINGARAJA, NusaBali - Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Buleleng mengikuti tiga jenis lomba pada Bali Scout Creativity (BSC) 2024, yang diselenggarakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Bali.

Lomba kreativitas kepramukaan ini diikuti sebagai ajang pembentukan karakter percaya diri peserta didik disabilitas.

Guru SLBN 1 Buleleng Hasby Alfin, Minggu (28/7) kemarin menerangkan, BSC diselenggarakan khusus untuk siswa berkebutuhan khusus, di setiap gugus depan jenjang satuan pendidikan. Tiga jenis lomba yang diikuti yakni kreasi menari, kreasi bercerita dan praktek baik pembina heroik. Seluruh kategori lomba yang diikuti pun diikuti dengan pembuatan video yang dikirimkan ke panitia paling lambat 2 Agustus ini.

“Sekolah kami antusias mengikuti kegiatan ini setiap tahunnya, sebagai ajang motivasi kepada anak didik, sekaligus sosialisasi ke masyarakat terkait pendidikan khusus untuk disabilitas juga disiapkan negara setara dengan pendidikan di satuan pendidikan umum,” terang Hasby.

Menurutnya selama ini, masyarakat yang memiliki anak disabilitas masih tabu menyekolahkan anak-anaknya dengan berbagai alasan. Baik karena tidak tahu harus disekolahkan dimana, atau ada unsur kesengajaan karena masih tertanam paradigma disabilitas adalah aib keluarga.

“Kami ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa anak-anak ini punya hak mendapatkan pendidikan. Bahkan banyak dari masyarakat tidak tahu bahwa sekolah luar biasa itu ada. Harapan kami melalui berbagai kegiatan ini masyarakat menjadi lebih paham,” ucap Hasby.

Sementara itu untuk persiapan lomba dilakukan kurang lebih selama satu bulan penuh. Anak didik yang disertakan dalam lomba berlatih sangat serius dan semangat. Mereka yang selama ini kurang mendapat apresiasi dan kesempatan tampil begitu antusias saat disertakan dalam lomba.

Hasby pun berharap kegiatan yang serupa lebih banyak digelar. Selain itu di internal sekolah juga akan mengupayakan lebih banyak ruang kreatif untuk memberikan kesempatan tampil anak didiknya. Hal ini menurutnya sebagai upaya membangkitkan rasa percaya diri anak-anak disabilitas. Dalam BSC tahun ini disebut Hasby Buleleng ditunjuk sebagai tuan rumah pada saat pengumuman lomba 14 Agustus mendatang. Namun seluruh proses lomba yang digelar di handle oleh panitia Kwarda Bali.7 k23

Komentar