nusabali

Shin Tae-yong Sebut Timnas Hadapi Tiga Masalah di Putaran Tiga

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-sebut-timnas-hadapi-tiga-masalah-di-putaran-tiga

JAKARTA, NusaBali - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengakui Skuad Garuda menghadapi tiga masalah atau tantangan rumit saat berlaga pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. STY mengakui ketiga masalah rumit itu menjadi tantangan yang harus dituntaskan.

"Tak satu pun dari kami yang menganggap ini mudah. Tapi, menurutku semuanya berjalan baik. Jepang dan Australia di puncak, dan jika empat tim di bawahnya saling bertarung, peluang akan terbuka," kata STY, yang dilansir bola.com, Minggu (28/7).

STY menegaskan, tiga kerumitan mengadang Timnas Indonesia. Menurutnya, laga kualifikasi nanti perpaduan kompleks antara stamina para pemain tim nasional, perbedaan waktu para pemain yang melakukan perjalanan dari Eropa, dan juga soal penerbangan.

"Pelatih harus mempertimbangkan segalanya. Sebuah rencana harus dibuat sesuai dengan kenyataan," kata STY. 

STY juga mengungkapkan Jepang dan Australia menjadi dua tim dengan peluang paling besar di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia mengakui hal itu tidak masalah bagi dirinya, karena memang tidak menargetkan posisi satu atau dua di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026).

"Kami lebih baik melawan tim yang lebih kuat seperti tim peringkat satu atau dua. Jika ada situasi saling mengalahkan, itu akan bagus,"kata STY. kepada media Korea Selatan, Chosun, Sabtu (27/7).

Indonesia masuk Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Grup C dapat disebut sebagai grup neraka karena tiga negara jadi langganan Piala Dunia, yakni Jepang, Australia, dan Arab Saudi. 

Jepang empat kali lolos 16 besar dalam tujuh kali tampil di Piala Dunia. Australia dua kali ke perdelapanfinal dalam enam kali di putaran final.   

Sedangkan Arab Saudi sekali menembus 16 besar Piala Dunia dari enam kali pengalamannya di Piala Dunia.

Dari 18 peserta putaran ketiga yang dibagi ke tiga grup, hanya juara dan runner-up grup yang lolos langsung ke putaran final. Tim peringkat ketiga dan keempat akan bermain lagi di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan tim posisi kelima dan keenam akan tersingkir. *

Komentar