nusabali

Timnas Indonesia U-19 Juara Piala AFF 2024

  • www.nusabali.com-timnas-indonesia-u-19-juara-piala-aff-2024

SURABAYA, NusaBali.com – Timnas Indonesia U-19 berhasil keluar sebagai juara Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 setelah mengalahkan Thailand U-19 dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal yang menentukan kemenangan Indonesia dicetak oleh Jens Raven pada menit ke-17 dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024) malam.

Kemenangan ini menjadi gelar kedua Indonesia di Piala AFF U-19, setelah sebelumnya meraih trofi yang sama pada 2013 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Uniknya, gelar saat itu juga diraih saat dilatih Indra Sjafri. Persamaan lainnya, gelar diraih di Jawa Timur.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim bermain hati-hati pada 10 menit pertama, mencoba membaca permainan lawan masing-masing. Indonesia mendapatkan peluang pertama pada menit ke-13 melalui tendangan Arlyansyah Abdulmanan yang sayangnya masih diblok oleh bek Thailand.

Satu menit kemudian, Thailand hampir mencetak gol melalui tendangan Thanawut Phocai, namun bola hanya mengenai tiang gawang.

Indonesia memanfaatkan skema bola mati untuk mencetak gol. Berawal dari sepak pojok Muhammad Kafiatur pada menit ke-17, bola ditanduk oleh Kadek Arel dan diteruskan oleh Jens Raven yang berada di posisi tepat untuk mencetak gol. Ini merupakan gol keempat Jens Raven dalam turnamen ini.

Peluang Tambahan dan Cedera

Setelah unggul satu gol, Indonesia terus mencari gol kedua. Pada menit ke-28, Jens Raven mendapatkan ruang untuk menembak, namun tendangannya masih melambung di atas mistar.

Pada menit ke-36, Thailand mendapatkan kesempatan melalui tendangan bebas, tetapi eksekusi Piyawat Petra masih digagalkan tiang gawang. Di akhir babak pertama, Indonesia juga memiliki peluang melalui tendangan bebas Toni Firmansyah yang menggantikan Kafiatur yang cedera, namun tendangannya masih melemah dan mudah diamankan kiper Thailand, Kittipong Bunma.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Indonesia kehilangan satu pemain lagi karena cedera setelah Welber Jardim ditarik keluar dan digantikan oleh Figo Dennis. Thailand mendominasi permainan pada 25 menit pertama babak kedua, namun tidak ada peluang yang benar-benar membahayakan gawang Ikram Algiffari.

Pada menit ke-71, Indra Sjafri terpaksa melakukan dua pergantian pemain lagi setelah Jens Raven dan Muhammad Mufli Hidayat mengalami cedera dan digantikan oleh Arkhan Kaka dan Mufdi Iskandar.

Tempo permainan Indonesia menurun setelah kehilangan beberapa pemainnya, sementara Thailand terus menekan untuk mencari gol penyama kedudukan. Namun, pertahanan Indonesia yang kokoh berhasil menggagalkan setiap usaha Thailand hingga peluit panjang dibunyikan.

Pernyataan Para Pemain
Kadek Arel mengungkapkan rasa syukurnya, “Astungkara kita bisa menjadi juara. Timnas U-19 kali ini menjadi yang terakhir bagi saya, tapi masih ada jenjang lain. Saya juga ingin juara bersama Timnas U-23.”

Sementara itu, Jens Raven merasa bangga bisa membawa Indonesia juara. “Saya bangga turut membawa Indonesia juara. Terima kasih kepada suporter di stadion maupun yang mendukung di media sosial,” ujarnya.

Pelatih Indra Sjafri juga menyampaikan rasa syukurnya atas kemenangan ini. “Bersyukur menjadi juara. Tapi ajang ini adalah target antara kita, karena target utama kita adalah Piala AFC U-19,” jelasnya.

Dengan kemenangan ini, Indonesia berhasil menggagalkan usaha Thailand untuk meraih gelar keenam mereka di Piala AFF U-19, dan membawa pulang gelar juara kedua mereka setelah 11 tahun.










Komentar