nusabali

Ribuan Wisatawan Kunjungi GWK Cultural Park Setiap Hari

  • www.nusabali.com-ribuan-wisatawan-kunjungi-gwk-cultural-park-setiap-hari

MANGUPURA, NusaBali - Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, masih menjadi salah satu tujuan para wisatawan saat berlibur ke Bali.

Seiring pulihnya ekonomi masyarakat pascapandemi Covid-19, kini tingkat kunjungan ke GWK Cultural Park tembus 4.000 hingga 7.000 orang per hari.

Direktur Operasional GWK Cultural Park, Stefanus Yonathan Astayasa, mengatakan kunjungan wisatawan tembus 7.000 orang per hari terjadi saat musim libur sekolah belum lama ini. “Namun setelah periode libur sekolah, kunjungan kembali normal di angka 4.000 per hari,” ujar Stefanus, Senin (29/7).

Peningkatan kunjungan ini, kata Stefanus, terus konsisten setiap tahunnya dengan kenaikan sebesar 20 persen. Hingga tahun ini, jumlah pengunjung stabil di angka 4.000 per hari. Stefanus optimistis dengan adanya berbagai event yang diselenggarakan di GWK Cultural Park, seperti Merdeka Fest 2024 yang akan digelar pada Agustus mendatang, dapat mendongkarak kunjungan wisatawan, bahkan diprediksi hingga dua kali lipat.

Saat ini, 70 persen pengunjung GWK Cultural Park adalah wisatawan domestik (wisdom), sementara 30 persen lainnya adalah wisatawan mancanegara (wisman). Wisman paling banyak berasal dari Australia, diikuti oleh India. Sedangkan wisatawan domestik didominasi dari Jawa dan Jakarta.

Stefanus membeberkan, pada awal pandemi jumlah pengunjung bisa di bawah 1.000 orang per hari. Namun, jumlah ini perlahan meningkat hingga mencapai 3.000 ribu orang tahun 2022. Tahun ini, jumlah kunjungan bahkan sudah melebihi angka sebelum pandemi Covid-19.

Sementara, untuk pengunjung naik ke patung GWK juga lumayan tinggi. Terdapat slot khusus untuk naik ke lantai 9 dan 23 dengan batasan keamanan maksimal 280 orang. “Bersyukur, saat ini data menunjukkan sekitar 250 orang per hari yang naik,” tuturnya.

Dengan meningkatnya minat pengunjung yang datang ke GWK Cultural Park, pihaknya pun terus berbenah. Terbaru penambahan spot foto yang instagramable menjadi salah satu daya tarik yang bisa dinikmati pengunjung, termasuk saat acara Merdeka Fest 2024 nanti. Di acara tersebut, dikatakan Stefanus, pengunjung bisa mengabadikan momen dan berlari bersama teman-teman di tempat yang eksotis.

“Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, GWK Cultural Park diharapkan menjadi destinasi wisata yang semakin menarik dan diminati,” harapnya. 7 ol3

Komentar