nusabali

Tahun 2024 Tabanan Target Jalan Rusak Tersisa 3 Persen

  • www.nusabali.com-tahun-2024-tabanan-target-jalan-rusak-tersisa-3-persen

TABANAN, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Tabanan ngebut melakukan perbaikan jalan rusak. Di 2024 ini ditarget jalan rusak hanya tersisa 3 persen dari total panjang jalan mencapai 871,998 kilometer.

Pada akhir 2023 lalu jalan rusak di Tabanan mencapai 4 persen dari total panjang jalan tersebut. Seiring telah dilakukan perbaikan secara berkala maka di 2024 ditarget jalan rusak tersisa 3 persen. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Tabanan I Made Dedy Darmasaputra, mengatakan penanganan jalan rusak terus dilakukan. Penanganan jalan rusak ini dilakukan dalam dua pola yakni dengan cara direkonstruksi dan dengan cara direhab. 

“Cara direkonstruksi ini artinya melakukan perbaikan secara total, sementara cara rehab artinya merehab berkala yakni perbaikan hanya di bagian sigen dan perbaikan pada pengamanan badan jalan,” ujarnya, Senin (29/7). 

Seiring dengan pola perbaikan itu makanya di 2024 ini Dinas PUPRPKP menarget perbaikan jalan rusak tersisa sekitar 3 persen. Rencananya perbaikan jalan rusak dilakukan menggunakan anggaran APBD induk sebesar Rp 72 miliar. “Jumlah anggaran perbaikan jalan ini juga termasuk dengan anggaran perbaikan jembatan,” kata Dedy. 

Dia optimistis target menuntaskan jalan rusak ini bisa segera tercapai. Sebenarnya, menurut Dedy, jalan rusak itu sifatnya dinamis. Memang setiap tahun perubahan jalan tidak serta mulus meskipun sudah diperbaiki. “Artinya Pemkab Tabanan tetap akan melakukan perbaikan secara berkala. Termasuk menggunakan anggaran perubahan,” tandas Dedy. 7 des

Komentar