nusabali

Apresiasi Masyarakat Kembangkan Pertanian Daun Pandan dan Peternakan

Bupati Sanjaya Ngantor di Desa Abiantuwung, Kediri

  • www.nusabali.com-apresiasi-masyarakat-kembangkan-pertanian-daun-pandan-dan-peternakan

TABANAN, NusaBali - Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya kembali ngantor di desa atau Bungan Desa ke-55. Kali ini ngantor di Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Senin (29/7). Di Desa Abiantuwung, Bupati Sanjaya yang didampingi kepala OPD mengapresiasi kerja keras masyarakat mengembangkan pertanian daun pandan dan peternakan kambing.

Program Bungan Desa tidak hanya sebagai ajang untuk berkantor di desa, tetapi juga berfungsi sebagai platform untuk mengidentifikasi dan mendukung pengembangan potensi lokal. Dalam kunjungan kali ini, Bupati Sanjaya tidak hanya berfokus pada inovasi desa, tetapi juga turut meresmikan beberapa infrastruktur. 

Di Banjar Dinas Dadakan, Bupati Sanjaya meresmikan pembetonan jalan yang diharapkan akan meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi masyarakat setempat. Bupati Sanjaya juga meninjau lokasi pembangunan tapal batas (gate) yang terletak di antara Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Badung.

Usai meresmikan pembetonan jalan, Bupati Sanjaya melanjutkan kunjungan ke Banjar Tapesan untuk memantau perkembangan pertanian daun pandan. Di sini, Bupati Sanjaya melihat secara langsung proses pembuatan kembang rampe dari daun pandan yang merupakan salah satu produk unggulan desa. 

Daun pandan yang dikenal memiliki berbagai manfaat, terutama dalam bidang kuliner dan upacara adat di Bali menjadi fokus utama dalam pengembangan pertanian di desa ini. “Inovasi ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi masyarakat yang berkomitmen untuk terus mengembangkan hasil pertanian ini yang dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,” kata Bupati Sanjaya. 


Selanjutnya, Bupati Sanjaya mengunjungi kelompok peternak kambing yang dikenal dengan nama Peternak Muda di Banjar Balu. Di sini Bupati Sanjaya memberikan bantuan berupa pakan ternak kambing dan obat cacing untuk mendukung kesehatan dan produktivitas ternak. Bupati Sanjaya juga menyicipi susu kambing etawa yang merupakan salah satu produk unggulan dari kelompok peternak muda ini.

“Ini saya menyicipi susu etawa rasa stroberi, enak sekali. Produknya dinamai ‘Susu Suka Tawa’, keren,” puji Bupati Sanjaya. 

Bupati Sanjaya beserta rombongan kemudian menuju ke rumah keluarga stunting di Banjar Dinas Abiantuwung Kaja. Bupati menyerahkan bantuan paket sembako seperti gula, minyak goreng, beras merah, kacang hijau, mi kelor, dan telur untuk 32 orang anak-anak penderita stunting yang terdata.

Dalam arahannya di wantilan desa, Bupati Sanjaya mengingatkan Desa Abiantuwung untuk tetap mempertahankan status desa mandiri, untuk mewujudkan kemandirian desa menuju masyarakat yang madani.

“Saya berharap, kunjungan saya kali ini dapat menjadi awal dari kolaborasi antara pemerintah daerah dan masyarakat Desa Abiantuwung. Mari bersama-sama ‘ngrombo’ dengan semangat gotong-royong dan bersatu serta bangga jadi orang Tabanan, wujudkan Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani,” pintanya.

Perbekel Abiantuwung I Gusti Agung Ngurah Bayu Pramana, menyampaikan terima kasih sekaligus mohon pembinaan lebih lanjut dari Bupati dan jajaran agar mampu mengembangkan potensi desa, sehingga ke depannya juga bisa menjadi destinasi tujuan wisata. 

“Bungan desa memiliki banyak manfaat terutama dalam mengatasi keadaan dan permasalahan di desa, juga dapat melihat apa yang menjadi potensi kami di desa. Harapan dan impian kami untuk bisa menjadi desa yang memiliki destinasi tujuan wisata,” tandas Pramana. @ des 

Komentar