nusabali

26 Cabor Test Fisik Tahap Akhir

  • www.nusabali.com-26-cabor-test-fisik-tahap-akhir

Gung Cok juga menegaskan selama Pelatda yang berlangsung selama 60 hari, pihaknya terus melakukan pemantauan berkala ke semua cabor.

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 26 cabang olahraga (Cabor) yang mengirimkan atletnya ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Sumatera Utara menjalani test fisik tahap akhir di GOR Lila Buana, Denpasar pada Selasa (30/7) siang. Test fisik ini dilakukan jauh hari agar para atlet yang belum mencapai performa terbaiknya bisa ditempa agar lebih optimal sebelum bertanding pada event yang digelar pada September mendatang itu.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) sekaligus Ketua Pelatda KONI Bali, Agung Bagus Tri Candra Arka menjelaskan pihaknya menyusun agenda test fisik jauh hari atau sebulan sebelum event berlangsung karena beberapa pertimbangan. Yang mendasar adalah waktu untuk recovery jika ada atlet yang tidak mencapai performa terbaiknya saat test fisik terakhir ini. "Ya satu pertimbangan soal itu. Yang belum optimal, itu langsung ditempa alias digenjot lagi untuk capai peforma terbaik mereka. Sehingga, dalam waktu sebulan sisa Pelatda ini semuanya harus optimal," terangnya, Selasa (30/7)


Dijelaskan pria yang akrab disapa Gung Cok ini, untuk test fisik yang digelar Selasa itu terdapat 26 cabang olahraga. Sisanya akan dilanjutkan pada Rabu (31/7). Adapun rinciannya Cabor yang menjalani test fisik itu masing-masing Woodball, Atletik, Angkat Besi, Selam, Binaraga, Angkat Berat, Baseball, Rugby, Bermotor, Bola Tangan, Golf, Cricket, Panahan, Kurash, Esport, Dance Sport, Renang, Renang Perairan Terbuka, Basket 5x5, Basket 3x3, Tarung Derajat, Kick Boxing, Menembak, Voli, Voli Pasir dan Panjat Tebing. "Total ada 49 cabang olahraga yang mengirimkan atletnya ke PON Aceh dan Sumatera Utara. Jadi untuk hari ini sudah test fisik sudah 26 cabor. Besok (hari ini,red) sisanya yang 23 Cabor," jelasnya

Gung Cok juga menegaskan selama Pelatda yang berlangsung selama 60 hari ini, pihaknya terus melakukan pemantauan berkala. Bahkan dirinya ikut memantau alias keliling hotel setiap hari. Tidak hanya itu, dia juga melakukan evaluasi setiap hari Jumat khusus untuk manajemen dan pelatih setiap cabor. Sementara untuk hari Senin merupakan evaluasi untuk keseluruhan kegiatan Pelatdanya. "Saya setiap hari pantau 3 - 4 hotel. Saya dan tim keliling untuk melihat progres mereka tiap hari. Jadi, ini akan terus dipantau hingga keberangkatan ke PON nanti," pungkasnya. 

Sementara, pelatih cabang olahraga Binaraga, Made Widiasa Pasputra mengaku kalau seluruh atletnya mengikuti kegiatan test fisik yang berlangsung di GOR Lila Buana, Denpasar. Total ada 5 atlet yang menjalani test fisik dan untuk hasilnya belum diketahui. Hal ini dikarenakan ada team yang melakukan analisa bersama KONI Bali, namun hasilnya akan diberitahu ke masing-masing Cabor nantinya. "Tadi sudah lakukan test fisik terakhir. Ya, hasilnya masih menunggu dan semua atlet kita sangat siap," singkatnya. 7 dar

Komentar