nusabali

Giri Prasta Tetap Setia PDIP Kalaupun Tak Jadi Direkomendasikan ke Pilgub Bali

  • www.nusabali.com-giri-prasta-tetap-setia-pdip-kalaupun-tak-jadi-direkomendasikan-ke-pilgub-bali

MANGUPURA, NusaBali.com - I Nyoman Giri Prasta, kader PDIP yang juga Bupati Badung mengaku akan tetap setia kepada partai meski jika nanti dirinya tidak jadi direkomendasikan maju ke Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Bali tahun ini.

Pengakuan ini disampaikan calon kuat paket PDIP untuk Pilgub Bali 2024 itu kepada awak media usai Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Badung di Puspem Badung, Rabu (31/7/2024).

"Tidak pun ditugaskan, dari awal saya bilang, saya tidak masalah. Kami akan tetap berkomitmen dalam wadah organisasi Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDIP)," kata Giri.

Giri Prasta memang dikenal dekat secara pribadi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri. Beberapa kali dari gambar yang diabadikan di balik layar, keduanya kerap tampil seperti ibu dan anak. Di beberapa kunjungan Mega ke Bali, Giri kerap tampil selayaknya pengawal setia.

Di samping itu, dari awal karier politiknya, Giri setia dengan partai politik (parpol) berlogo banteng moncong putih ini. Ia tetap di gerbong PDIP sejak menjabat Anggota DPRD Badung (2004-2011), Ketua DPRD Badung (2011-2015), dan Bupati Badung dua periode sejak 2016.

Giri Prasta memang digadang-gadang sebagai salah satu calon penerima rekomendasi Pilgub Bali dari PDIP. Dua kader lain yang masuk bursa adalah Gubernur Bali Periode 2018-2023 Wayan Koster dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak IGA Bintang Darmawati Puspayoga.

Jika dilihat dari pergerakan akar rumput di depan layar, Giri dapat dibilang selangkah lebih maju. Sebab, baliho bertuliskan 'Giri Prasta dari Badung untuk Bali' bertebaran hampir baik di Badung maupun daerah-daerah lain di Bali. Di lain sisi, Baliho Koster dan Bintang Puspayoga belum tampak.

"Saya tidak berani untuk berbicara tentang masalah calon. Kami sebagai petugas partai, sudah barang tentu, kalau memang ditugaskan, saya siap," tegas Giri yang juga Ketua DPC PDIP Badung ini ketika ditanya soal perkembangan surat rekomendasi Pilgub Bali dari DPP PDIP.

Hingga saat ini DPP PDIP belum menurunkan rekomendasi Pilgub Bali 2024. Namun, riak mulai mengemuka seperti serbuan baliho Giri Prasta; manuver Koster di ruang akademikus Bali, di internal partai dengan kemunculan DPC-DPC PDIP di Bali, termasuk Badung, yang mengusulkannya melanjutkan periode kedua; tapi masih tampak pasif di kubu Bintang Puspayoga. *rat

Komentar