nusabali

Perluas Pasar Produk Petani Tabanan, PDDS - Marriot Group Jalin Kerja Sama

  • www.nusabali.com-perluas-pasar-produk-petani-tabanan-pdds-marriot-group-jalin-kerja-sama
  • www.nusabali.com-perluas-pasar-produk-petani-tabanan-pdds-marriot-group-jalin-kerja-sama

TABANAN, NusaBali - Perusahaan Daerah Dharma Santika (PDDS) Kabupaten Tabanan terus memperluas pemasaran produk petani dengan menggandeng Marriot Group. Perluasan kerja sama ini telah dilakukan dengan penandatanganan MoU di Hotel Westin, Nusa Dua, Badung, Rabu (31/7).

Penandatanganan langsung dilakukan oleh Direktur PDDS Kompayang Pasek Wedha bersama Area Vice President - Indonesia & Malaysia at Marriott International, Ramesh Jackson. Penandatanganan ini bagian dari meneruskan kerja sama yang sudah dibangun sejak tahun 2021. 

Direktur PDDS Tabanan Kompang Pasek Wedha menjelaskan lewat kerja sama yang dibangun ini diharapkan produk pertanian Tabanan semakin banyak terserap. Saat ini ada dua produk yang sudah lancar diserap, yakni beras dan telur. 

"Sekarang lewat MOU ini kami juga penjajakan untuk memasarkan produk ayam siap potong. Jika ada permintaan dari Marriot, kami bisa sediakan produk per hari mencapai 20 ton," bebernya. 

Terkait beras, setiap bulannya Marriot menyerap produk ke Dharma Santika sebanyak 3 ton per bulan, sedangkan untuk telur ayam diserap sekitar 6.000 sampai 8.000 butir per hari. "Jadi harapan kami dengan MOU lanjutan ini produk-produk yang lain bisa juga diserap oleh Marriot Grop," harap Pasek Wedha. 

Saat ini, jelas dia, nilai transaksi Marriot Group dengan PDDS sejak tahun 2021 sudah mencapai Rp 9,6 miliar. Ditarget, lewat MOU lanjutan ini per bulan nanti nilai transaksi bisa tembus perbulan Rp 2 miliar. "Sekarang rata-rata nilai transaksi dengan Marriot per bulannya kita diangka Rp 500 juta," bebernya. 

Menurut Pasek Wedha selain bekerjasama dengan Marriot, pihaknya juga bersama dengan sejumlah hotel yang lain. Total saat ini ada 53 hotel yang sudah diajak kerjasama bersama dengan nilai transaksi dari Rp 800 - Rp 1 miliar per bulan.

Sekda Tabanan Gede Susila yang hadir dalam penandatanganan MoU tersebut meminta kerja sama tersebut tidak sampai tersendat. Bahkan meminta dari segi kualitas Susila meminta memperhatikan kondisi produk sesuai dengan standar yang diberikan oleh Marriot Grop. "Kita tidak ingin dengan kerjasama ini, produk kita tidak tersendat-sendat," pintanya. 

Sekda Susila juga meminta dalam kerja sama yang sudah terjalin Dharma Santika selalu siap dengan produk. Sehingga produk petani Tabanan bisa berkembang dan terserap dengan baik. Sehingga dari sisi perekonomian bisa mensejahterakan petani Tabanan.7des

Komentar