nusabali

Bek Timnas U-16 yang Masuk Skuad Australia U-17

Matthew Baker Unggah Foto Merah Putih

  • www.nusabali.com-bek-timnas-u-16-yang-masuk-skuad-australia-u-17

Sebelumnya, Baker sempat memperkuat Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024. Sepanjang turnamen, dia tampil cukup mengesankan di posisi bek sayap.

JAKARTA, NusaBali
Pemain Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker, dipanggil Australia untuk masuk tim U-17. Namanya masuk dalam daftar 24 pemain untuk PacificAus Sports Football Tour. Australia U-17 akan menjalani tur melawan Kepulauan Solomon dan Vanuatu U-19 bulan depan. Ini adalah bagian persiapan Australia U-17 untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Menariknya, pelatih Australia U-17, Brad Maloney, menyertakan nama Matthew Baker. Pemain berdarah Australia-Indonesia itu sebelumnya memperkuat Indonesia U-16 di ASEAN U-16 Boys Championship alias Piala AFF U-16 2024. Adapun Australia juga ikut bertanding di Piala AFF U-16. Australia keluar sebagai juara dalam turnamen yang digelar di Solo, Jawa Tengah, Indonesia.

Dijadwalkan, Australia U-17 akan melawan Kepulauan Solomon dua kali pada 15 dan 18 Agustus. Lalu menghadapi Vanuatu pada 21 Agustus. "Menatap kualifikasi pada bulan Oktober, saya ingin memberikan kesempatan kepada kelompok inti dari skuad yang ada untuk merasakan lebih banyak waktu secara kolektif, dalam kondisi berbeda, dan melawan lawan yang lebih senior," kata Brad Maloney, dikutip dari laman Football Australia.

"Sama pentingnya bagi kami untuk menemukan cara untuk mengintegrasikan pemain-pemain baru yang tampil mengesankan di klub atau akademi mereka. Dan saya melihat beberapa pemain di National Youth Championships yang menurut saya pantas mendapatkan kesempatan ini," ujar Maloney menambahkan.

Pemain Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker, dipanggil Australia untuk memperkuat tim U-17. Merespons hal ini, sang pemain mengunggah bendera Merah-Putih. Pelatih Australia U-17, Brad Maloney, menyertakan nama Matthew Baker untuk menjalani tur melawan Kepulauan Solomon dan Vanuatu U-19 bulan depan. 

Sebelumnya, Baker sempat memperkuat Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024. Sepanjang turnamen, dia tampil cukup mengesankan di posisi bek sayap. Kebetulan pemain berdarah Australia-Indonesia itu juga sempat tampil melawan Australia di semifinal. Dalam partai itu dia juga unjuk gigi dengan menyumbang satu assist buat Zahabi Gholy.

Kekalahan Indonesia 3-5 dari Australia tidak meredupkan sinar terang Baker. Bisa jadi laga itu juga menjadi titik ketertarikan Maloney untuk memanggilnya ke Aussie. Pemanggilan ini terasa mengejutkan buat penggemar sepakbola Indonesia. Di saat pemain sudah menunjukkan kualitasnya, ternyata berujung pemanggilan oleh negara lain.

Seolah menjawab keresahan, Matthew Baker mengunggah foto Merah-Putih. Dalam foto itu, dia mengenakan Bendera Indonesia saat menyapa fans di Stadion Manahan, Solo. Lalu, kenapa dia bisa masuk skuad Australia U-17? Ini karena dia memiliki paspor ganda. Dia bebas memperkuat negara mana pun sebelum 21 tahun dimana dia wajib memilih satu negara. 7

Komentar