nusabali

Wisatawan Australia Terbanyak Datang ke Bali

  • www.nusabali.com-wisatawan-australia-terbanyak-datang-ke-bali

MANGUPURA, NusaBali - Bali masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara (wisman).

Dari awal tahun hingga Juli 2024, tercatat sebanyak 3.892.714 wisman tiba di Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung.

Wisman asal Australia mencatatkan jumlah kunjungan terbanyak ke Pulau Bali. Disusul wisman asal India, China, Inggris, Korea Selatan, Amerika Serikat, Prancis, Malaysia, Singapura, dan Jerman.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Bali Pramella Yunidar Pasaribu, menjelaskan berdasarkan data dari Kantor Imigrasi Ngurah Rai, jumlah wisman dari Australia mencapai 877.329 orang, diikuti oleh India dengan 328.767 orang, dan China dengan 278.329 orang. “Wisman dari Inggris, Korea Selatan, Amerika Serikat, Prancis, Malaysia, Singapura, dan Jerman juga menunjukkan angka kunjungan yang signifikan,” ujarnya, pada Kamis (1/8) sore.

Atas peningkatan kunjungan wisman tersebut, Pramella menegaskan pihaknya berkomitmen untuk memperketat pengawasan terhadap orang asing di wilayah Bali. “Kami akan terus meningkatkan pengawasan terhadap keberadaan dan aktivitas orang asing di Bali. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat, termasuk para wisatawan,” tegasnya.

Pramella juga menambahkan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai instansi terkait, seperti Kepolisian, Imigrasi, dan Dinas Pariwisata, untuk memastikan pengawasan yang efektif dan terpadu. Meskipun pengawasan diperketat, Pramella memastikan bahwa Bali tetap menyambut wisatawan dengan ramah dan terbuka.

Dengan adanya peningkatan kunjungan wisman ini, sektor pariwisata Bali diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal. “Kami ingin memastikan bahwa setiap wisatawan yang datang ke Bali dapat menikmati keindahan alam dan budaya Bali dengan aman dan nyaman,” katanya. 7 ol3, cr79

Komentar