nusabali

Oknum Warga Buang Sampah di Trotoar

Aksinya Terekam CCTV, Videonya Kini Viral

  • www.nusabali.com-oknum-warga-buang-sampah-di-trotoar

MANGUPURA, NusaBali - Oknum warga tertangkap kamera pengawas atau CCTV sedang membuang sampah sembarangan di wilayah Badung.

Lokasi pembuangan sampah ilegal tersebut berada di atas trotoar Jalan Gunung Sanghyang, Lingkungan Muding Kaja, Kelurahan Kerobokan Kaja, Kecamatan Kuta Utara. Padahal spanduk larangan telah dipasang di lokasi. Kini videonya viral di media sosial (medsos).

Lokasi yang jadi tempat pembuangan sampah berada di perbatasan dengan kota Denpasar. Di lokasi sebetulnya sudah ada CCTV dan spanduk larangan membuang sampah sembarangan, spanduk bertuliskan ‘Berani Buang Sampah Disini? Anda Terekam Kamera CCTV Dan Akan Kami Viralkan’, namun anehnya oknum warga tersebut tampak cuek.

Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup D LHK Badung I Nyoman Sumantra, sangat menyesalkan prilaku oknum warga tersebut. Pasalnya, spanduk larangan dan CCTV sudah dipasang, namun tetap tak diindahkan. “Begitulah prilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah. Padahal sudah ada spanduk larangan membuang sampah, tapi tetap tidak dihiraukan,” sesalnya, Kamis (1/8).

Sumantra mengakui, beberapa kali memang sempat tepergok oknum warga membuang sampah, tetapi masih diberikan tolerasi berupa pembinaan. Akan tetapi ke depannya pihaknya akan memberikan sanksi lebih keras sesuai aturan yaitu Perda 7 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah, yakni barang siapa membuang sampah tidak pada tempatnya, dapat dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta. 7 ind

Komentar