nusabali

10.078 Lembar Bendera Merah Putih Dibagikan

  • www.nusabali.com-10078-lembar-bendera-merah-putih-dibagikan

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 10.078 lembar bendera merah putih berbagai ukuran hasil pengumpulan donasi, mulai didistribusikan ke masing-masing desa/kelurahan.

Pendistribusian dikoordinir oleh masing-masing camat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Buleleng. Gebyar pemasangan bendera merah putih menyambut HUT ke-79 RI ini juga akan dibagikan langsung kepada masyarakat.

Pendistribusian bendera diawali dengan penyerahan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, di lobi Kantor Bupati Buleleng, Kamis (1/8) pagi kemarin. Dalam sambutannya, Lihadnyana menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk segera mendistribusikan dan memasang bendera yang diterima.

Sebelumnya, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) telah membuka donasi bendera merah putih, untuk mendukung gerakan nasional pembagian bendera merah putih tahun 2024. Penggalangan bendera merah putih itu melibatkan seluruh OPD lingkup Pemkab Buleleng termasuk Perusahaan Daerah. Selain itu juga ada swadaya dari badan usaha, hingga organisasi kemasyarakatan.

“Tolong jangan lagi diinapkan. Hari ini langsung tugaskan staf untuk memasang dengan rapi dan bertanggung jawab juga untuk mengamankan,” kata Lihadnyana.

Dalam pemasangan bendera merah putih yang dihandle oleh OPD, memprioritaskan di fasilitas umum, lalu menyebar di seluruh sudut kota. Lihadnyana pun menugaskan Satpol PP, Badan Kesbangpol untuk terus mengecek dan memantau pemasangan bendera merah putih selama bulan kemerdekaan.

“Satpol PP dan Badan Kesbang tolong lakukan pendekatan kepada masyarakat. Terutama ada yang punya toko, pedagang, instansi vertikal dan seluruh masyarakat umum. Apabila dilihat belum memasang bendera, lakukan pendekatan untuk memasang,” imbuh pejabat asal Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Buleleng.

Menurutnya, pemasangan bendera merah putih disebutnya wajib dilakukan bangsa dan negara. Sebab bendera merah putih merupakan identitas dan simbol alat pemersatu bangsa Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia sudah sepantasnya memasang simbol dan identitas negara ini selama bulan kemerdekaan RI sebagai wujud penghormatan. Rangkaian perayaan HUT ke-79 RI ini pun diharapkan dapat memperkokoh rasa nasionalisme dan patriotisme seluruh rakyat Indonesia.7 k23

Komentar