nusabali

NTB Siapkan Desa Wisata untuk Penonton MotoGP 2024

  • www.nusabali.com-ntb-siapkan-desa-wisata-untuk-penonton-motogp-2024

MATARAM, NusaBali.com - Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan desa-desa wisata untuk menampung lonjakan penonton kejuaraan MotoGP di Lombok Tengah pada 27-29 September 2024. Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaludin Malady, menyatakan bahwa NTB memiliki 99 desa wisata yang disiapkan untuk mengantisipasi kekurangan kamar hotel di Pulau Lombok.

"Target wisatawan untuk MotoGP di Sirkuit Mandalika mencapai 125 ribu orang, lebih tinggi dari tahun lalu," kata Jamaludin di Mataram, Jumat (2/8/2024). 

Pemprov NTB telah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa serta para pengelola desa wisata untuk menyiapkan berbagai fasilitas menginap, seperti homestay, camping ground, dan glamping.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang masuk melalui Bandara Zainuddin Abdul Madjid di Lombok Tengah pada Juni 2024 sebanyak 6.713 orang, mengalami penurunan 13,29 persen dibandingkan Mei 2024. Rata-rata lama menginap wisatawan di hotel bintang tercatat selama 1,84 hari, meningkat 0,06 hari dari bulan sebelumnya.

Beberapa desa wisata NTB yang terkenal, seperti Desa Tetebatu dan Desa Kembang Kuning di kaki Gunung Rinjani, siap menyambut perhelatan nasional maupun internasional, termasuk MotoGP. "Kami sudah siap menyambut berbagai perhelatan baik nasional maupun internasional, seperti MotoGP," pungkas Jamaludin. *ant

Komentar