nusabali

‘Pisah Kenal’ Kapolda Bali dari Irjen Pol IBK Putra Narendra ke Irjen Pol Daniel Adityajaya

Irjen Daniel Siap Jaga dan Lanjutkan Situasi Kondusif Bali

  • www.nusabali.com-pisah-kenal-kapolda-bali-dari-irjen-pol-ibk-putra-narendra-ke-irjen-pol-daniel-adityajaya

Sebelum mengemban tugas sebagai Kapolda Bali, Irjen Pol Daniel Adityajaya adalah Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) yang dijabatnya sejak tahun 2022

DENPASAR, NusaBali
Kapolda Bali, Irjen Pol Daniel Adityajaya resmi bertugas dan diperkenalkan dalam acara ‘Kenal Pamit Kapolda Bali’ yang diadakan di The Meru Sanur, Jalan Hang Tuah, Sanur, Denpasar, Kamis (1/8) malam. Kapolda kelahiran Surakarta, 11 Juli 1969 ini pun siap menghadapi tantangan baru di Pulau Dewata setelah sebelumnya bertugas sebagai Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara).

Irjen Daniel sebelumnya dilantik Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta pada, Senin (29/7) lalu. Dia menggantikan Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra yang telah memasuki masa purna tugas. Acara kenal pamit ini dilaksanakan setelah serah terima jabatan Kapolda Bali di Mabes Polri dan prosesi tradisi tepung tawar di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai pada, Rabu (31/7).

Kehadiran Irjen Pol Daniel Adityajaya bersama Ny Didit Daniel Adityajaya disambut meriah oleh mantan Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra dan segenap Forkopimda Provinsi Bali. Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya dalam video sambutannya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Kapolda Bali sebelumnya, Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra atas kepemimpinan yang telah diberikan selama lebih kurang 13 bulan menjabat sebagai Kapolda Bali. 

“Terimakasih atas dedikasi, kerja keras dan kepemimpinan yang telah diberikan, serta kebersamaan selama menjabat sebagai Kapolda Bali, Bali di bawah kepemimpinan Jenderal menjadi sangat aman dan shanti,” tegas Pj Gubernur. Ucapan terima kasih juga disampaikan satu persatu oleh segenap jajaran Forkopimda Provinsi Bali.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra menyampaikan bahwa mutasi jabatan adalah hal yang biasa dalam organisasi Polri. Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya selama menjabat sebagai Kapolda Bali dan berharap sinergi serta kolaborasi yang telah terjalin dapat terus berlanjut di bawah kepemimpinan Irjen Pol Daniel Adityajaya.

“Kami sekeluarga tentunya tidak ingin banyak untuk memberikan statement atau komentar, apa yang kita lihat sudah semaksimal mungkin dalam waktu 13 bulan itulah the last minute pengabdian saya kepada tanah kelahiran saya, 33 tahun saya mengabdi di kepolisian, satu tahun lebih saya bisa mengabdi di tanah kelahiran,” ujar pria kelahiran 27 Juli 1966 asal Desa Pandak Bandung, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan ini.

“Dalam prinsip saya sebagai Kapolda, saya tidak mencari prestasi atau pujian, tapi bekerja agar hasilnya dinikmati masyarakat, dilihat kenyataannya, tidak perlu dipuji tidak perlu diberikan penghargaan tapi kita lihat Bali itu aman, dan kondusif serta tidak ada percikan api sedikit pun pada saat pelaksanaan Pemilu lalu di Bali,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolda Irjen Pol Daniel Adityajaya mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas penyambutan yang hangat. Ia berkomitmen untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan dengan menciptakan situasi keamanan yang kondusif di Bali. "Kami siap melaksanakan tugas di Polda Bali bersama Pj Gubernur, Forkopimda, dan seluruh unsur masyarakat di Bali untuk menciptakan Bali yang aman, nyaman, dan kondusif," ujarnya.

"Saya selaku Kapolda Bali dan jajaran Polda Bali mengucapkan terima kasih kepada Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra yang telah memimpin Polda Bali lebih kurang 13 bulan. Kami lihat tadi banyak sekali capaian-capaian dan prestasi serta situasi kamtibmas sangat kondusif. Ini yang harus saya pelajari dan contoh dari beliau, dan saya bersyukur sekali menggantikan beliau karena sebetulnya sudah nyaman, jadi kami tinggal melanjutkan apa yang dilakukan beliau," ujar Irjen Daniel.

Irjen Daniel juga menyampaikan permohonannya kepada Pj Gubernur Bali, Ketua DPRD Bali, dan segenap Forkopimda Bali agar bisa terus bekerja sama dalam menjaga keamanan Bali. "Kami mohon izin bergabung, mohon izin kami ada di Polda Bali, dan mohon izin masuk barisan bersama-sama. Mari kita membangun Bali dengan menciptakan Bali yang indah ini menjadi aman, karena keamanan itu adalah modal yang utama dan pertama. Kami siap melaksanakan tugas di Polda Bali bersama Pj Gubernur, para Forkopimda, dan seluruh unsur masyarakat di Bali," pungkasnya.

Pengangkatan Irjen Daniel sebagai Kapolda Bali tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST Nomor/1554/VII/2024, tanggal 26 Juli 2024. Lulusan Akpol 1991 ini berpengalaman dalam bidang reserse dan pernah menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri sebelum menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Utara sejak 24 Januari 2022. Dengan tantangan baru di depan mata, Irjen Pol Daniel Adityajaya diharapkan dapat membawa Bali menuju kondisi yang lebih aman dan kondusif, mendukung pembangunan daerah, serta menjaga Bali sebagai ikon Indonesia di mata dunia. 

Untuk diketahui Irjen Daniel memiliki pengalaman tugas pada posisi strategis baik di dalam maupun di luar Polri. Misalnya pernah menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Sultra tahun 2012. Kabagsumda Rorenmin Bareskrim Polri tahun 2019. Widyaiswara Utama Sespim Tk I Lemdiklat Polri tahun 2021. Kemudian menjabat Kapolda Kalimantan Utara tahun 2022 dan kini menjabat Kapolda Bali.

Sementara di luar Polri, jenderal kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 11 Juli 1969 ini pernah menjabat sebagai Direktur Pencegahan dan Penanganan Konflik Pertanahan Kementerian ATR/BPN tahun 2020. 7 cr79

Komentar