nusabali

Rai Wahyuni Sanjaya Buka Lomba Posyandu Se-Kabupaten Tabanan di Penebel

  • www.nusabali.com-rai-wahyuni-sanjaya-buka-lomba-posyandu-se-kabupaten-tabanan-di-penebel

TABANAN, NusaBali - Ketua TP PKK Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya membuka Lomba Posyandu tingkat kabupaten di Banjar Penebel Kaja, Desa/Kecamatan Penebel, Tabanan, Jumat (2/8). Lomba ini juga serangkaian mengevaluasi kinerja posyandu.

Kegiatan tersebut juga serangkaian menyuksesman 10 program pokok PKK untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan. Lomba posyandu dilaksanakan menyeluruh di 10 kecamatan.

Lomba yang digelar di Kabupaten Tabanan ini juga bagian dari upaya menangani stunting di Tabanan. Karena dalam posyandu ini dijalankan berbagai program. Mulai dari memperhatikan kesehatan ibu hamil, kesehatan anak. Kemudian program keluarga berencana, imunisasi, pemantauan status gizi, pencegahan dan penanggulangan diare, ditambah dengan penurunan angka stunting dan gizi buruk. 

Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan lomba ini tak terlepas dari kolaborasi dan kerja keras dari semua pihak, baik dari kecamatan maupun desa. Untuk itu, dia pun sangat mengapresiasi kerja sama dan kerja keras dari semua pihak tersebut. 

“Terbukti pada hari ini (Jumat kemarin, Red) semua pihak hadir kompak mendukung penuh terlaksananya kegiatan ini yang merupakan implementasi dari salah satu program gotong-royong. Saya meyakini jika segala sesuatu dilaksanakan secara gotong-royong, pekerjaan apapun, masalah apapun pasti akan dapat diselesaikan dengan mudah,” jelasnya.

Disebutkan Bunda Rai, lomba posyandu ini merupakan salah satu bentuk perhatian TP PKK Tabanan terhadap masyarakat. “Hulunya adalah di desa, dari posyandulah kita dapat mendeteksi anak-anak yang berpotensi stunting dan dapat segera memberikan penanganan dengan kolaborasi bersama puskesmas setempat dan para kader Posyandu di desa. Pemeriksaan kesehatan dan pemberian PMT makanan tambahan yang merupakan program pusat yang anggarannya diturunkan ke dinas kesehatan juga rutin kita laksanakan,” bebernya. 

Selain itu, Bunda Rai juga berharap kegiatan lomba posyandu ini bisa memberikan motivasi kepada kader sekaligus mengaktifkan kembali posyandu agar lebih aktif dan lebih giat lagi dalam meningkatkan pelayanan Posyandu, kenaikan strata Posyandu dan peningkatan kapasitas kader Posyandu. 

“Semoga dengan diadakannya lomba posyandu ini, dapat memberikan kita semua semangat untuk bergotong-royong dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Tabanan dan anak-anak di Kabupaten Tabanan dapat tumbuh serta berkembang dengan sehat menjadi generasi emas yang akan menjadi tumpuan Kabupaten Tabanan ditahun-tahun mendatang," imbuhnya. 

Sejalan dengan harapan Bunda Rai, Perbekel Penebel I Gusti Agung Ketut Sastrawan berharap inovasi dan kreasi bisa meningkat untuk psyandu di Kecamatan Penebel. 

Sebut dia, di Kecamatan Penebel ada 3 posyandu, untuk balita, remaja dan lansia. Harapannya setelah adanya lomba Posyandu ini, pertama bisa meningkatkan secara administrasi kader baik dalam kelembagaan, administrasi tata usaha dan sebagainya. Kedua kemampuan kader kami supaya bisa ditingkatkan dengan adanya pembinaan dari Dinas Kesehatan, DPMD dan juga dari tim lecamatan. "Terakhir adalah kami mengharapkan inovasi-inovasi untuk posyandu,” tandasnya.@des

Komentar