nusabali

Siswa SMPN 2 Amlapura Juara Cipta Baca Puisi Se-Bali

  • www.nusabali.com-siswa-smpn-2-amlapura-juara-cipta-baca-puisi-se-bali

AMLAPURA, NusaBali - Siswa kelas VIII/7 SMPN 2 Amlapura I Gede Wayu Putraya Pasek Panuntun meraih Juara I Lomba Cipta Baca Puisi diselenggarakan Forum Anak Daerah Bali Tingkat Provinsi Bali. Lomba ini dalam ajang Fantasi (Festival Anak dan Temu Kreasi) 2024.

Penyerahan hadiah di Gedung Wanita Nari Graha Kota Denpasar, Selasa (30/7). Lomba diselenggarakansecara online, 22 Juni - 10 Juli, melalui video diikuti 59 siswa. “Kami mengapresiasi prestasi siswa, yang berbakat di bidang sastra, karena ada pembinaan khusus untuk  siswa berbakat,” jelas Kasek SMPN 2 Amlapura I Kadek Wirawan, di ruang kerjanya, Jalan Sudirman Amlapura, Jumat (2/8).

Selama ini, lanjut Kadek Wirawan, di SMPN 2 Amlapura melakukan pembinaan secara khusus untuk siswa berbakat baik bidang akademis, maupun non akademis. Sebab lama ini merekrut siswa baru, dari jalur prestasi, sehingga dengan mudah memantau siswa-siswa berbakat.

“Kami selama ini hanya mengoptimalkan, bakat siswa, sehingga di setiap lomba, selalu siap berlaga,” tambahnya.

Diakui siswa I Gede Wayu Putraya Pasek Panuntun, merupakan siswa berbakat bidang sastra. Bahkan sejak SD, telah menunjukkan bakat bidang sastra.

Kata dia, SMPN 2 Amlapura lebih menonjol prestasinya bidang akademis, lebih sering mengikuti OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat Kabupaten dan Provinsi Bali, sehingga lebih dikenal prestasi di bidang itu. 

Padahal pembinaan dilakukan, merata di semua bidang, apalagi siswanya telah dikelompokkan sesuai bakat masing-masing, dan pembinaannya juga dapat porsi yang sama. 

I Ketut Sandiyasa selaku orangtua I Gede Wayu Putraya Pasek Panuntun, yang juga sebagai salah satu pembinaannya, mengatakan, putranya memang berbakat bidang sastra sejak  SD.

Saat lomba dilaksanakan Forum Anak Daerah Bali, menulis puisi, berjudul Sebuah Sajak Untuk negeri.

“Anak saya menulis sendiri sajak itu, dan memvideokan, lalu rekamannya dikirim ke dewan juri, penilaiannya melalui tayangan video,” kata Sandiyasa yang juga Kasek SDN 7 Bugbug, Kecamatan Karangasem, ini.

Dalam lomba itu, Forum Anak Daerah Bali menyediakan tiga kategori, untuk kategori SD lomba masatua, kategori SMP lomba cipta baca puisi, dan kategori SMA/SMK membuat video edukasi.

Juara II lomba ini diraih Ni Nengah Bela Sari dari SMPN 6 Kintamani dan juara III Ni Komang Natasya Dewi dari SMPN 1 Gianyar. Lomba ini serangkaian peringatan Hari Anak Nasional ke-40, dengan puncak perayaan pada 23 Juli.

Selain pembinaan di SMPN 2 Amlapura, Wayu Putraya juga dapat pembinaan dari ayahnya sendiri. Apa yang didapatkan di sekolah disempurnakan di rumahnya. Ayahnya juga penekun sastra Bali dan nasional.7k16

Komentar