nusabali

Paskibraka Provinsi Bali 2024 Ikuti Pelatihan di ‘Desa Bahagia’

  • www.nusabali.com-paskibraka-provinsi-bali-2024-ikuti-pelatihan-di-desa-bahagia

DENPASAR, NusaBali - Sebanyak 72 siswa dan siswi dari seluruh kabupaten/kota se-Bali resmi memulai pemusatan pendidikan dan pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bali 2024.

Pelatihan intensif yang bertajuk ‘Desa Bahagia’ akan berlangsung pada 3–17 Agustus 2024. Acara ini digelar di Hotel Puri Nusa Indah, Jalan Waribang, Denpasar Timur, sebagai persiapan menyambut HUT ke-79 Republik Indonesia (RI).
 
Kepala Bidang Ideologi dan Karakter Bangsa Kesbangpol Provinsi Bali I Komang Kusumaedi, menjelaskan bahwa materi pelatihan akan disampaikan oleh tim gabungan yang melibatkan Kesbangpol Provinsi Bali, Dinas Kesehatan, Satpol PP Provinsi Bali, TNI, Polri, serta Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Bali. 

“Dalam pemusatan latihan tersebut, para peserta akan menerima serangkaian pelatihan dari berbagai pihak,” kata Kusumaedi, Sabtu (3/8).

Menurut Kusumaedi, Paskibraka yang terpilih melalui seleksi ketat akan menjalani pelatihan intensif di ‘Desa Bahagia’ sebelum bertugas pada Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih pada peringatan HUT ke-79 RI di Provinsi Bali. “Diklat dimulai dengan proses tantingan, yaitu penyematan tanda peserta kepada perwakilan Capaska, dan dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai simbol memasuki Desa Bahagia,” imbuh Kusumaedi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada acara tersebut, Sabtu kemarin.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Bali Made Edi Agustina, menjelaskan bahwa ‘Desa Bahagia’ didesain menyerupai desa di kawasan terpencil lengkap dengan pejabat seperti Pak Lurah dan Bu Lurah yang akan mendampingi serta mengatur para Paskibraka. 

“Pelatihan fisik dan mental, termasuk latihan baris-berbaris dan disiplin diri, akan diberikan oleh TNI dan Polri, ditambah kelas wawasan kebangsaan,” ucapnya.

Seleksi ketat sebelumnya dilakukan terhadap perwakilan dari setiap kabupaten/kota se-Bali, mencakup aspek fisik, integritas, kesehatan jasmani, dan kemampuan baris-berbaris. Para peserta terpilih dilatih oleh tim gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Purna Paskibraka, Kesbangpol, BPIP, serta berbagai institusi seperti RS Bali Mandara, RS Mata, dan Polda Bali.

Dengan pelatihan intensif ini, diharapkan para Paskibraka siap menjalankan tugas mulia mereka pada upacara peringatan HUT ke-79 RI di Provinsi Bali, serta menjadi teladan bagi generasi muda dalam menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air. 7 cr79, a

Komentar