nusabali

Kejuaraan Binaraga Buleleng Jaring Atlet Porprov 2025

  • www.nusabali.com-kejuaraan-binaraga-buleleng-jaring-atlet-porprov-2025

SINGARAJA, NusaBali - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Buleleng didampingi Ketua Umum Pengprov Persatuan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI) Bali membuka kejuaraan Buleleng Bodybulding Championship di Sasana Budaya, Singaraja, Sabtu (3/8). Dalam kejuaraan itu menggelar tiga kategori dan para juara akan diturunkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2025.

Ketua Umum Pengkab PBFI Buleleng, Made Widiasa Pasputra menerangkan kejuaraan itu berlangsung lancar dan sukses. Kegiatan itu dibuka langsung Ketua KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja dan Ketua Umum Pengprov PBFI Bali, AA Ngurah Susrama Putra. Menurutnya, yang menjadi agenda PBFI Buleleng dalam menyeleksi atlet ke Porprov 2025 itu mendapat hasil maksimal. 

"Sudah berlangsung dengan lancar dan hasilnya sudah ada. Tiga kategori yang dipertandingkan dalam kejuaraan itu sudah ada hasilnya," kata Widiasa Pasputra.

Lebih jauh Widiasa mengatakan, ada tiga kategori dalam kejuaraan itu, yakni Mens Sport Physique (Up to 170 Cm - 100 Cm - 2 Kg berat badan maksimal), Mens Sport Physique (Over 170 Cm - 100 Cm + 2 Kg berat badan maksimal), Mens Athletic Physique (Up to include 175 Cm - 100 Cm + 6 Kg berat badan maksimal). 

Untuk juara tiap kategori, kata Widiasa, dapat wild card mewakili Buleleng di Porprov Bali 2025. Sedangkan peringkat dua dan tiga tetap menjadi pelapis, apabila yang meraih juara mengalami hambatan seiring berjalannya waktu. 

"Juara langsung mewakili Buleleng di Porprov. Tapi, posisi kedua dan tiga itu tetap kita pantau. Karena ini masih berlangsung setahun lagi. Jadi, itu untuk antisipasi," terang Widiasa Pasputra.

Dirincikan Widiasa Pasputra, untuk juara pada kategori Mens Sport Physique Up to 170 Cm, peringkat pertama diraih oleh Dedy Cahyo, peringkat dua Kadek Rasmaya dan peringkat tiga Ketut Sudira. Kemudian, pada kategori Mens Sport Physique Over 170 Cm, peringkat pertama diraih oleh Wisnu Deni Sedana, peringkat dua, Andre Tamenk dan peringkat tiga Made Cening Gandawangi. 

Sementara, pada kategori Mens Athletic Physique diraih oleh Dewa Bayu posisi pertama, kemudian kedua yakni Mank Dani da posisi ketiga Gede Putra Sentana. "Kita memfokuskan atlet juara itu menjadi atlet binaan Pengkab Buleleng," tegas Pasputra yang juga Wakil Ketua Umum Pengprov PBFI Bali ini.

Sementara itu, Ketua KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja mengapresiasi atas kejuaraan yang digelar PBFI Buleleng ini. Apalagi, kejuaraan itu bagian dari seleksi untuk atlet yang akan dikirim ke Porprov Bali tahun depan. 

Menurut Wiratmaja, seluruh Pengkab Cabor yang ada di Buleleng sudah diwanti-wanti untuk melaksanakan kegiatan dalam rangakaian persiapan Porprov, disamping persiapan PON. Sehingga, Pengkab Cabor itu memiliki waktu untuk mempersiapkan atletnya nanti. 

"Patut diapresiasi atas kejuaraan PBFI Buleleng itu. Jadi ada waktu kurang lebih setahun untuk persiapan ke Porprov Bali. Ini yang saya sudah sampaikan pula ke 48 Pengkab Cabor yang lainnya," kata Wiratmaja. 

Langkah dini dalam mempersiapkan atlet itu juga sesuai dengan target dari KONI Buleleng pada hajatan dua tahunan di Pulau Dewata itu. Yang mana, pihaknya tidak menargetkan peringkat, namun menargetkan raihan medali emas. Untuk itu, persiapan sejak dini menjadi hal yang baik untuk mencapai target yang diharapkan. 

"Tadi saya sudah sampaikan juga untuk target kita emas pada Porprov nanti. Semoga dengan persiapan jauh hari ini bisa mendapatkan hasil positif nantinya," pungkas I Ketut Wiratmaja. dar

Komentar