nusabali

Paket Sanjaya-Dirga Menguat di Tabanan

Disebut Sudah Ada ‘Bocoran’ Rekomendasi

  • www.nusabali.com-paket-sanjaya-dirga-menguat-di-tabanan

Sanjaya-Dirga belakangan ini terlihat makin ‘mesra’, di sejumlah kegiatan, mereka kompak hadir meskipun Dirga memang bertugas sebagai Ketua DPRD Tabanan

TABANAN, NusaBali
Rekomendasi Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Tabanan untuk Pilkada 2024 di internal PDIP memang belum diumumkan. Namun khusus di Tabanan santer isu rekomendasi bakal didapat oleh paket Sanjaya-Dirga yang bernama Paket Sandi. Nama Paket Sandi ini sudah berhembus kencang sejak pekan lalu. Artinya jika benar, Paket Jaya-Wira di Tabanan bakal 'bercerai'. 

Dari informasi yang dihimpun, Paket Sandi disebut-sebut sudah jelas mendapat rekomendasi. Sejumlah tokoh telah melihat secara tidak sengaja dalam acara resmi di pelantikan kader partai di Wisma PLN Kecamatan Baturiti, Tabanan, beberapa waktu lalu. "Sudah jelas mengarah ke Paket Sandi. Karena saat ada acara resmi itu di dalam slide diperlihatkan rekomendasi di Tabanan muncul nama Paket Sandi (Sanjaya-Dirga)," ujar sumber NusaBali, Minggu (4/8).

Masih menurut sumber ini, tak hanya di Tabanan di sejumlah daerah di Bali juga sudah disebut. Ada yang tetap berpasangan, ada masih menunggu. "Namun untuk di Tabanan sudah jelas disebutkan Paket Sandi," tegasnya lagi. Isu ini pun bisa dibilang benar. Sebab Sanjaya-Dirga belakangan ini terlihat makin mesra. Di sejumlah kegiatan, mereka kompak hadir meskipun Dirga memang bertugas sebagai Ketua DPRD Tabanan. 

Merespons hal tersebut, Sekretaris DPC PDIP Tabanan, I Nyoman ‘Komet’ Arnawa mengaku tidak melihat slide yang menunjukkan Paket Sandi itu. Sebab saat pelatihan kader tersebut dia sendiri sebagai panitia. "Saya wara-wiri jadi tidak melihat secara langsung hal itu. Namun dari kader lain menceritakan hal tersebut," terangnya. Berdasarkan cerita yang diterima dari kader lainnya, nama Sanjaya dan Dirga memang muncul dalam slide pemetaan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati seluruh Bali.

“Saya jujur tidak melihat. Tapi banyak kawan-kawan melihat dan menceritakan itu. Itu kronologisnya kemarin. Sehingga terkait hal tersebut belum berani memberikan keterangan urusan rekomendasi. Kita tunggu dari pusat," jelasnya. Menurut Arnawa rekomendasi diprediksi bakal turun pada pertengahan Agustus 2024 mengacu pada tahapan Pilkada serentak nanti. "Pendaftaran calon itu tanggal 29 Agustus ya jadi sebelum itu rekomendasi sudah keluar," tegas politisi asal Desa Mangesta, Kecamatan Penebel, Tabanan ini.

I Made Dirga -DESAK SUMBERWATI 

Arnawa menegaskan siapapun yang direkomendasi dari pusat seluruh jajaran siap untuk memenangkan. "Siapapun paket yang diturunkan oleh DPP, kami (PDIP Tabanan) siap memenangkan," tandas Arnawa. Terpisah I Made Dirga yang digadang-gadang bakal mendapat rekomendasi Cawabup berpasangan dengan Sanjaya mengaku siap karena sebagai seorang prajurit. "Sebagai prajurit apa yang ditugaskan partai wajib menjalankan tugas sebaik-baiknya. Termasuk bila aturan harus mundur (menjadi anggota DPRD) ya harus mundur," jelasnya. Namun dia menegaskan sampai sekarang belum ada rekomendasi yang turun. Kegiatan di Wisma PLN itu adalah pelatihan kader terpilih. 

"Saya juga tidak mengetahui adanya slide begitu muncul. Karena nanti ada rekomendasi tertulis. Rekomendasi tertulis berbentuk surat. Sekarang masih menunggu," tandas politisi asal Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan ini. Untuk diketahui, pasca dilakukan penjaringan kandidat Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup), DPC PDIP Tabanan telah lakukan rapat pleno pada, Selasa (30/4/2024). 

Dalam rapat pleno itu diputuskan sebanyak lima kader yang sebelumnya mendaftar Cabup-Cawabup untuk Pilkada Tabanan 2024 akan disetorkan ke DPD PDIP Bali dan selanjutnya diteruskan ke DPP PDIP. Seperti diketahui dalam penjaringan ini, sebanyak dua orang kader mendaftar pada posisi Cabup, yakni I Komang Gede Sanjaya selaku incumbent atau Bupati Tabanan saat ini, dan I Nyoman Mulyadi Ketua PAC PDIP Kediri yang juga seorang pengusaha. Dalam perkembangan terakhir, Mulyadi memilih ‘loncat’ menjadi kader Partai Golkar dan memastikan akan tarung Pilkada Tabanan 2024 sebagai Cabup dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Tabanan. 

Kemudian di posisi Cawabup ada tiga orang, yakni I Made Edi Wirawan (incumbent, Wakil Bupati Tabanan saat ini). Kemudian I Made Dirga, Ketua DPRD Tabanan dan I Gede Purnawan kader PDIP asal Desa Padangan, Kecamatan Pupuan yang juga anggota DPRD Tabanan. Sekretaris DPC PDIP Tabanan, I Nyoman Arnawa menegaskan rapat pleno penetapan bakal Cabup-Cawabup di internal PDIP sudah dilakukan. Ada lima kandidat yang sudah diplenokan untuk selanjutkan disetorkan ke DPD PDIP Bali. "Lima kandidat sudah klop, dua mendaftar cabup dan tiga orang cawabup," jelasnya, Rabu (1/5/2024). 7 des

Komentar