nusabali

Bakti Sosial HUT Ke–79 RI dan Hari Jadi Ke–66 Provinsi Bali di Bangli

Pasien Kanker Dirujuk ke RS Bali Mandara

  • www.nusabali.com-bakti-sosial-hut-ke-79-ri-dan-hari-jadi-ke-66-provinsi-bali-di-bangli

Sekda Bali Dewa Made Indra menginstruksikan merujuk seorang warga Kintamani, Bangli yang wajahnya digerogoti kanker kulit, ke RS Bali Mandara di Denpasar.

BANGLI, NusaBali 
Seorang warga Banjar Pule, Desa Sekardadi, Kecamatan Kintamani, Bangli, Nengah Arsana, 52, menderita penyakit kanker kulit hingga menggerogoti sebagian wajahnya. Melihat kondisinya yang memprihatinkan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra, memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali beserta jajarannya untuk melakukan penanganan secara intensif dengan merujuk Nengah Arsana ke RS Bali Mandara di Denpasar.

Tak hanya menderita sakit selama tiga tahun terakhir, istri Arsana, Wayan Tarmi, 50, juga mengalami gangguan jiwa ringan yang menyebabkan halusinasi sejak dua tahun lalu. Dalam kondisi terbatas, pasangan tersebut tetap menjalani aktivitas sehari-hari seperti biasa. 

Arsana bahkan memaksakan diri untuk bertani demi menyambung hidup, dibantu oleh istrinya. Mereka memiliki seorang anak perempuan yang telah menikah dan hanya bisa menjenguk sesekali.

Menurut Kepala Dusun Pule Wayan Widana, aparat setempat sudah berupaya membantu pasangan Nengah Arsana dan Wayan Tarmi semaksimal mungkin. 

“Bantuan rutin dari pemerintah telah dialokasikan dan diterima secara periodik, termasuk bantuan insidentil dari individu atau komunitas peduli kemanusiaan,” ujar Widana. 

Bahkan, Nengah Arsana sempat dirujuk ke RS Prof dr I Goesti Ngoerah Gde Ngoerah (RSUP Sanglah) di Denpasar. “Pengobatannya terhenti karena terkendala biaya dan pengantar,” kata Widana. 

Kunjungan Sekda Dewa Indra bersama jajaran di Kintamani merupakan bagian kegiatan bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke–79 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke–66 Provinsi Bali Tahun 2024. Berbagai aksi digelar dalam acara yang dipusatkan di Wantilan Desa Sekardadi.

Kegiatan ini dikoordinasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Biro Pengadaan Barang/Jasa dan Perekonomian Setda Provinsi Bali, serta Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali, beserta seluruh perangkat daerah lainnya di Pemprov Bali.

Adapun kegiatan yang digelar, antara lain pelayanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Provinsi, Gelar Pangan Murah (GPM), vaksinasi rabies hewan, penyerahan 1.000 bibit cabai dan monitoring keamanan pangan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, bazar gratis oleh Biro Pengadaan Barang/Jasa dan Perekonomian Setda Provinsi Bali, serta pemberian 10 paket lansia oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Provinsi Bali. 7 a

Komentar