nusabali

HUT Ke–79 RI, 500 Mobil Klasik Akan Touring Merah Putih

Eks Mobil Fatmawati Dipastikan Keluar Kandang

  • www.nusabali.com-hut-ke-79-ri-500-mobil-klasik-akan-touring-merah-putih

DENPASAR, NusaBali - Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali akan menggelar Touring Merah Putih untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke–79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Touring akan diikuti sebanyak 1.000 orang dengan 500 mobil klasik pada Minggu (11/8), menempuh rute Denpasar – Taman Soekasada Ujung, Karangasem. 

Hal itu terungkap saat PPMKI menggelar Jumpa Pers Touring Merah Putih di Kebon Vintage Cars Bali, Jalan Tegal Harum, Denpasar, Minggu (4/8). Ketua PPMKI Bali I Putu Shanta Guna mengemukakan, kegiatan ini selain untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia juga untuk ajang silaturahmi antara komunitas mobil di Bali yang bernaung di bawah PPMKI. 

Kata dia, rute yang akan dilalui yakni Denpasar menuju Jembatan Merah, Klungkung menuju Taman Soekasada Ujung. Dalam perjalanan ke lokasi, di Jembatan Merah akan digelar aksi bersih-bersih lokasi. 

Selanjutnya menuju Taman Ujung sebagai tujuan utama touring. Dipilihnya Taman Ujung selain karena rute lebih jauh juga untuk mengenalkan komunitas pecinta mobil klasik kawasan wisata Bali Timur. 

“Itu tujuan kami selain peringatan Hari Kemerdekaan RI juga untuk mempromosikan kawasan wisata wilayah timur Bali. Jadi, sambil ajang silaturahmi sambil promosi. Anggota touring semua tentu punya medsos, bisa posting lokasi tersebut,” kata Gus Wan, sapaan I Putu Shanta Guna.

Dia memastikan sudah ada 500 mobil yang mendaftar dari 79 klub atau komunitas yang ada di Bali. “Minimal 2 orang dalam satu mobil. Itu kita pastikan 1.000 orang ada saat touring. Nanti ada 20 mobil di depan warna merah, 30 mobil warna putih. Sisanya semua akan membawa bendera merah putih di depan kabin,” ujarnya. 

Menurut Gus Wan, saat perjalanan nantinya tidak akan dikawal khusus. Mereka akan berjalan sesuai aturan lalu lintas tanpa mengganggu kenyamanan pengendara lainnya. Apalagi, yang sudah konfirmasi ikut touring, menurut dia, ada mantan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace dan pemilik Krisna Oleh-oleh Gusti Ngurah Anom alias Ajik Krisna. 

Pembina PPMKI Bali yang sekaligus pemilik Kebon Vintage Cars Bali Jos Darmawan, memastikan akan mengeluarkan sebanyak 12 mobil koleksinya. Salah satunya yang digunakan istri Presiden RI Hj Fatmawati Soekarno, yakni Plymouth De Luxe keluaran tahun 1948.

“Ada 12 mobil klasik kami yang akan keluar, khususnya yang pernah digunakan Ibu Fatmawati, saya akan keluarkan. Itu (mobil) tahun 1948. Jadi kami ingin touring merah putih ini berjalan dengan lancar. Ditambah nanti bisa membantu mempromosikan tempat wisata yang akan kami kunjungi. Kami juga ingin memberikan manfaat kepada lingkungan kami di Bali,” tandas Jos Darmawan. 7 mis

Komentar