nusabali

Ketua Fraksi Hanura DPRD Klungkung Ditempati oleh Kader Termuda

  • www.nusabali.com-ketua-fraksi-hanura-dprd-klungkung-ditempati-oleh-kader-termuda

Komang Krisna Natawaisnawa, 22, akan menjadi anggota DPRD Klungkung termuda dengan perolehan suara terbanyak di Fraksi Hanura yakni 2.503 suara.

SEMARAPURA, NusaBali
DPC Hanura Klungkung akan menugaskan kader termuda untuk menempati posisi Ketua Fraksi Hanura DPRD Klungkung periode 2024-2029, yakni I Komang Krisna Natawaisnawa, 22.

Keputusan itu diambil saat rapat pengurus DPC Hanura Klungkung, di Jalan Flamboyan, Kota Semarapura, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, Minggu (4/8) pagi. Rapat dipimpin Ketua DPC Hanura Klungkung I Wayan Buda Parwara, dihadiri pengurus dan para kader.

Selain diproyeksikan selaku Ketua Fraksi Hanura, Komang Krisna juga ditugaskan untuk mengisi sejumlah posisi alat kelengkapan dewan lainnya, yakni Komisi II, Badan Musyawarah (Banmus), dan Badan Kehormatan.

Komang Krisna merupakan pendatang baru (new comer) anggota DPRD Klungkung dari Dapil Kecamatan Nusa Penida yang terpilih dalam Pileg, 14 Februari 2024 lalu. Dia mengikuti kontestasi politik untuk menggantikan sang ibunda Luh Andriani, anggota DPRD Klungkung Fraksi Hanura dua periode (2014-2019 dan 2019-2024). Luh Andriani pada Pileg 2024 lalu tidak ikut tarung karena fokus pada pekerjaan dan mengurus keluarga.

Teruna kelahiran 9 Mei 2002 ini akan menjadi anggota DPRD Klungkung termuda dengan perolehan suara terbanyak di Fraksi Hanura yakni 2.503 suara. Sedangkan, dua kader Hanura lainnya yang lolos kursi DPRD Klungkung masing-masing incumbent Wayan Buda Parwata dengan perolehan 2.189 suara, dan politisi kawakan I Wayan Mastra dengan perolehan 1.620 suara.

Mastra bukanlah pendatang baru di DPRD Klungkung. Dia pernah tiga kali menjadi anggota dewan periode 1999-2004, 2009-2014, dan 2014-2019. Jika sebelumnya dia menggunakan kendaraan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), maka kali ini Mastra menjadi andalan Partai Hanura yang mampu mempertahankan tiga kursi legislatif, dan salah satunya andil Mastra.

Foto: I Komang Krisna Natawaisnawa. -DEWA

Ditemui usai rapat, Komang Krisna mengaku mulai tertarik dengan politik sejak duduk di bangku SMA. “Memang keinginan sendiri dan saya suka bersosialisasi, ketika persiapan pemilu kemarin saya juga disupport oleh orangtua,” kata Komang Krisna.

Selaku perwakilan masyarakat Nusa Penida, dia akan berjuang untuk masyarakat dari daerah pemilihannya. Terutama dalam menyerap aspirasi masyarakat, kemudian untuk perbaikan akses jalan, dan perbaikan pura.

Diakui, persaingan dalam tarung Pileg 2024 lalu memang cukup sengit. Namun, dia pantang menyerah dan selalu termotivasi oleh kata-kata Menhan Prabowo Subianto, yaitu, ‘Kalau kita gagal bangkit lagi, sampai kita menemui jalan kesuksesan’. Sehingga bagi Komang Krisna halangan apapun itu harus dihadapi dengan jiwa ksatria.

Teruna asal Banjar Penaga, Desa Sakti, Nusa Penida ini mengaku siap menjalankan amanah sebagai Ketua Fraksi Hanura Klungkung. “Karena saya baru, tentu nanti akan banyak belajar dari para senior saya di legislatif,” ucapnya.

Buda Parwata mengaku memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk tampil menjadi Ketua Fraksi Hanura di DPRD Klungkung. Terlebih, Komang Krisna menempati suara tertinggi di antara 3 kader Hanura yang lolos kursi DPRD Klungkung periode 2024-2029.

Pada rapat kemarin, membahas sejumlah agenda di antaranya soal Pilkada Klungkung 2024, pembentukan struktur Fraksi Partai Hanura DPRD Kabupaten Klungkung, serta alat kelengkapan DPRD Klungkung. “Dengan perolehan 3 kursi kami sudah bisa berdiri sendiri untuk membentuk satu fraksi,” kata Buda Parwata. 7 wan

Komentar