nusabali

Siswa SMAN 1 Tembuku Raih Medali Emas JISF

  • www.nusabali.com-siswa-sman-1-tembuku-raih-medali-emas-jisf

BANGLI, NusaBali - Tiga siswa SMAN 1 Tembuku, Bangli, berhasil memboyong medali emas dalam kompetisi Jakarta International Science Fair (JISF). Tiga siswa SMAN di Desa Undisan, Kecamatan Tembuku, Bangli ini, mampu bersaing dengan 77 tim dari 10 negara.

Kepada NusaBali, Senin (5/8), Kepala SMAN 1 Tembuku  Komang Warsa mengatakan dalam ajang JISF tiga siswa ini melombakan produk hasil penelitian berupa Cucucha. Produk ini berupa selai inovatif yang terbuat dari labu kuning (Cucurbita Moschata) dan tulang ikan bandeng (Chanos chanos). Produk ini dirancang untuk membantu mengatasi anemia dengan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Lanjutnya, tiga siswa satu tim yang mengikuti kompetisi tersebut, Ni Kadek Praja Candra Adnyani, Putri Ayulia Maharani, dan Ni Kadek Ayu Arisanti. Para siawa didampingi pelatih Natalino Muni Nepa Rassi dan pembina Sang Ayu Putu Citawati.

"Penelitian ini berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus. Siswa kami memperoleh medali emas dengan nilai tertinggi dalam kategori life science, IYSA special award, dan best presentation bertaraf internasional," ungkapnya, Senin (5/8).

Kepala sekolah asal Kecamatan Rendang, Karangasem, ini mengatakan sekolah sangat mendukung para siswa dalam meraih prestasi hingga mempersiapkan siswa untuk mengikuti kompetisi lainnya.

"Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh pihak, baik itu Pemkab Bangli dalam hal ini Bapak Bupati, Pemerintah Provinsi Bali dan para orangtua siswa," sambungnya.

Salah seorang siswa, Putri Ayulia Maharani menyatakan dia dan timnya bahagia dan bangga atas pencapaian tersebut. "Setelah dari awal terpilih dan dipercaya untuk mewakili lomba ini, hingga akhirnya kami bisa membawa pulang mendali. Ini bukan perjuangan yang mudah bagi kami," ujarnya.

Dia mengatakan ajang lomba ini baru pertama kali ikuti. Tim ini belum pernah tahu sebelumnya tentang model sains dan karya tulis ilmiah. "Tentunya ini bukan akhir dari perjuangan kami. Kami berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk mengukir prestasi lebih banyak lagi," sebutnya.7esa

Komentar