nusabali

Ratusan Proktor dan Pengawas Sekolah Bersiap Hadapi AN dan Sulingjar

  • www.nusabali.com-ratusan-proktor-dan-pengawas-sekolah-bersiap-hadapi-an-dan-sulingjar

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 465 orang proktor dan pengawas SD se-Buleleng disiapkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng menghadapi Asesmen Nasional (AN) dan Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) tahun 2024.

Mereka diberikan pemahaman teknis sebelum pelaksanaan AN pada bulan Oktober mendatang, di gedung wanita Laksmi Graha Buleleng, Senin (5/8) kemarin. 
 
Kepala Disdikpora Buleleng Made Astika mengatakan, saat pelaksanaan AN nanti seluruh proses dan tahapannya berjalan dengan baik dan lancar, terutama dari segi teknis pelaksanaan. Astika menyebut pemahaman teknis sangat perlu dikuasai seluruh proktor di masing-masing sekolah, agar tidak ada penjadwalan ulang karena ketidaksiapan sekolah. 
 
“Asesmen Nasional diadakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat dalam memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar peserta didik,” ucap Astika. 
 
Perbaikan kualitas belajar mengajar ini terlihat dari penekanan pembelajaran dan asesmen yang lebih fokus pada daya nalar dalam bentuk literasi membaca dan numerasi. Asesmen Nasional juga mendorong guru dan sekolah mengubah praktik-praktik pembelajaran lama yang tidak lagi relevan dengan kondisi saat ini.
 
Astika juga menyinggung soal penggunaan chromebook yang sudah ada di sekolah-sekolah, agar dimanfaatkan dengan maksimal untuk proses belajar mengajar. Bantuan sarana digitalisasi dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemenristek) RI secara bertahap ini, tidak hanya untuk pelaksanaan AN semata. Tetapi bisa digunakan untuk proses belajar mengajar di sekolah. 
 
Sementara itu,  Kepala Seksi (Kasi) Peserta Didik dan Kurikulum SD I Ketut Agus Susilawan menambahkan, Sosialisasi Teknis AN dan Sulingjar Jenjang SD diharapkan dapat memberikan pemahaman, terkait landasan yuridis formal.
 
Penguatan pemahaman teknis para proktor dalam melaksanakan kegiatan AN dan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari para google master trainer, para proktor berpengalaman serta unsur manajemen dapodik.7 k23

Komentar