nusabali

IKIP Saraswati Tabanan Lepas 145 Wisudawan

  • www.nusabali.com-ikip-saraswati-tabanan-lepas-145-wisudawan

TABANAN, NusaBali - Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Saraswati Tabanan melepas 145 wisudawan pada acara Wisuda Sarjana ke-39 di Hotel Aston, Denpasar, Selasa (6/8). Para wisudawan ini lulus dari perkuliahan bidang studi Bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN).

Acara tersebut dihadiri sejumlah perwakilan lembaga penting, antara lain, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII, APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) Wilayah VIII A Bali, pihak Yayasan PR (Perguruan Rakyat) Saraswati, perwakilan PTN dan PTS se-Bali, Bank BPD Bali Cabang Tabanan, Civitas Akademika IKIP Saraswati Tabanan. 

Dalam sambutannya, Rektor IKIP Saraswati Tabanan Prof Dr Drs Dewa Nyoman Oka MPd memaparkan, tahun akademik 2023/2024 IKIP mengelola program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab). Program ini dengan plotingan 58 mahasiswa kategori 1 angkatan 2 untuk bidang studi Bahasa Indonesia dan Biologi. Sebanyak 58 mahasiswa ini lulus uji pengetahuan (UP) 57 orang (98,3 persen) atau di atas rata-rata nasional 96 persen. Selanjutnya, kategori 1 angkatan 3 dengan plotingan 87 mahasiswa bidang studi Bahasa Indonesia, Biologi, dan Matematika, Bahasa Inggris, termasuk seorang retaker (lulusan vokasi), lulus 100 persen.

Sebanyak 145 wisudawan tersebut berasal dari Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Papua tengah, Papua Barat, dan Maluku. 

Prof Dewa Oka menjelaskan, kinerja lembaga ini makin menunjukkan kemajuan. Pada Juli 2024 IKIP Saraswati memenangkan hibah Pendanaan Program Revitalisasi LPTK bernilai Rp 750 juta. Pengusul hibah ini 101 LPTK se-Indonesia, namun yang lulus 70 LPTK. Bantuan ini untuk peningkatan kapasitas, kapabilitas, dan kualitas penyelenggaraan PPG. 

Tahun 2024, kembali menerima Program Darmasiswa RI dengan lima mahasiswa asing untuk belajar bahasa Indonesia dan kebudayaan. Mereka ini dari Belanda, Prancis, Amerika Serikat, Kanada, dan India.

Kinerja IKIP ini, lanjut Prof Dewa Oka, didukung 47 dosen dengan jenjang jabatan mulai guru besar hingga tenaga pengajar. Tahun ini, IKIP Saraswati  menambah seorang dosen doktor, yaitu Dr Ida Ayu Oka Purnami SPd MPd, setelah menyelesaikan pendidikan S3 Program Pendidikan Bahasa Inggris di Undiksha Singaraja.

Sampai 2023/2024 Kemendikbudristek memberi bantuan beasiswa Bidikmisi untuk 90 mahasiswa berprestasi kurang mampu secara ekonomi, dan penerima bantuan biaya pendidikan 18 mahasiswa. Tahun 2024, ada dua dosen IKIP Saraswati, Dr Ida Ayu Oka Purnami SPd MPd dan Elsita Lisnawati Guntar SS MPd, memenangkan hibah penelitian Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat bernilai Rp 21.875.000. 

Beberapa dosen juga menulis dan menerbitkan buku yang ber-ISBN, buku ajar, dan artikel yang berhak cipta dari Kemenkumham RI. Selain itu, menerbitkan buku prosiding bertaraf internasional dan book chapter (kumpulan karya tulis ilmiah) berjudul Pengajaran Efektif di Era Digital Berbasis Kearifan Lokal. Beberapa dosen dan mahasiswa berkolaborasi dengan Mulawali Institut mengenang maestro seniman tari ternama asal Tabanan, I Ketut Marya, 26 - 28 April 2023, di Puri Agung Kaleran Tabanan. 

Prof Dewa Oka mengumumkan wisudawan lulusan terbaik peringkat I dari prodi Pendidikan Biologi yakni Gusti Ayu Nyoman Egylyon Tri Denta SPd dengan IPK 3,93, putri dari pasangan Sandi Iman-I Gusti Ayu Putu Simpiati. Terbaik II dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Ni Komang Trisnawati SPd dengan IPK 3,89, putri dari pasangan I Wayan Ginarsa-Kadek Lastri. Terbaik III dari Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, I Wayan Tobi Saputra SPd dengan IPK 3,85, putra dari pasangan I Nyoman Suparta – Ni Wayan Tegteg. Para lulusan terbaik memperoleh sertifikat dan bingkisan dari BPD Cabang Tabanan. 7 lsa

Komentar