nusabali

Pantai Legian Jadi Venue Gelaran Festival Bahari

  • www.nusabali.com-pantai-legian-jadi-venue-gelaran-festival-bahari

MANGUPURA, NusaBali - Pantai Legian yang terletak di Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta, Badung akan menjadi tuan rumah acara tahunan yang paling ditunggu-tunggu, yakni Festival Bahari.

Festival yang akan diadakan pada 7-10 Agustus 2024 ini akan menampilkan berbagai kegiatan menarik.

Lurah Legian Putu Eka Martini, mengatakan keputusan dipilihnya Pantai Legian menjadi venue karena hal itu merupakan hasil dari aspirasi masyarakat yang diajukan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun lalu, yang kemudian diakomodir oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Badung dan diselenggarakan di Legian. “Kami sangat senang bahwa Pantai Legian dipilih sebagai lokasi Festival Bahari. Ini merupakan bagian dari aspirasi masyarakat yang diusulkan melalui Musrenbang yang kita ajukan tahun lalu,” ujar Eka Martini, Selasa (6/8).

Dijelaskan, acara tersebut akan menonjolkan kompetisi surfing. Kompetisi surfing digadang-gadang menjadi salah satu daya tarik utama dalam festival ini, mengingat olahraga tersebut merupakan ikon dari Legian. Selain itu, ada juga pagelaran budaya dan musik yang melibatkan artis lokal dari Kelurahan Legian. Bahkan, tarian tradisional seperti tarian Mesolah Bawa juga akan ditampilkan untuk memperkenalkan lebih jauh budaya lokal kepada para pengunjung.

Eka Martini juga mengungkapkan, Festival Bahari turut melibatkan beberapa warga Kelurahan Legian untuk berpartisipasi dalam kegiatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang diadakan di sana. “Wisatawan mancanegara, wisatawan domestik, sampai warga lokal bisa datang secara gratis. Ini sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata di Pantai Legian,” tambahnya.

Dukungan dari masyarakat dan seluruh stakeholder pun sangat baik, sehingga diharapkan Festival Bahari dapat berjalan lancar dan sukses. Eka Martini juga menekankan bahwa output dari acara ini adalah sebagai sarana ajang pariwisata, baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara agar lebih mengenal Legian dengan ikonnya Pantai Legian. Dengan adanya Festival Bahari diharapkan pariwisata di Legian dapat meningkat dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal serta memperkenalkan keindahan dan kekayaan budaya Legian kepada dunia.

“Kami berharap dengan selesainya pelaksanaan Festival Bahari bisa memberikan wajah baru bagi pariwisata Legian. Karena Legian ini kurang terkenal dibanding Kuta, sehingga dengan diadakannya Festival Bahari di Legian bisa sekaligus memperkenalkan wisata bahari di Kelurahan Legian,” harapnya. 7 ol3

Komentar