nusabali

FA Siap Impor Pelatih dari Luar Britania

  • www.nusabali.com-fa-siap-impor-pelatih-dari-luar-britania

LONDON, NusaBali - Timnas Inggris tampaknya mulai menyerah dengan pelatih lokal. Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) pun siap untuk mengimpor pelatih dari luar Britania.

Timnas Inggris kembali gagal meraih trofi setelah kalah di laga final Euro 2024 dari Spanyol. Dalam pertandingan yang berlangsung di Olympiastadion, Berlin pada 14 Juli 2024 lalu, Timnas Inggris kalah 1-2 dari Spanyol.

Kegagalan Timnas Inggris di Euro 2024 berujung pada mundurnya Gareth Southgate dari kursi pelatih. Southgate memutuskan mengakhiri perjalanannya lebih cepat bersama Timnas Inggris. Padahal kontraknya masih berjalan hingga Piala Dunia 2026.

Dengan begitu, maka kebersamaan yang berjalan selama delapan tahun tersebut harus berakhir. FA pun mengambil langkah cepat untuk menemukan pengganti Southgate. Keputusan cepat tersebut diambil demi bisa melakukan persiapan menuju Piala Dunia 2026.

Awalnya, FA memiliki dua nama yang dijadikan sebagai kandidat kuat pengganti Southgate. Dua nama yang dimaksud adalah Eddie Howe dan Graham Potter. Potter dan Howe dianggap sebagai kandidat terbaik yang berasal dari Inggris untuk menjadi pelatih The Three Lions.

Namun, langkah besar tampaknya akan diambil oleh FA, yang dipimpin oleh petinggi mereka, Mark Bullingham. Dilansir dari BolaSport.com, Bullingham meminta kepada dewan FA untuk menyetujui rencananya mencari pelatih baru.

Keputusan Bullingham tersebut akan merusak tradisi Timnas Inggris yang hampir selalu menggunakan pelatih lokal. Sejauh ini, hanya ada dua pelatih asing yang pernah melatih Timnas Inggris yaitu Sven-Goran Eriksson dan Fabio Capello. 7 

Komentar