nusabali

Eks Sekwan Dijagokan Rebut Kursi Wakil Ketua Dewan Gianyar

  • www.nusabali.com-eks-sekwan-dijagokan-rebut-kursi-wakil-ketua-dewan-gianyar

GIANYAR, NusaBali - Partai Gerindra dipastikan merebut 1 kursi Wakil Ketua DPRD Gianyar periode 2024-2029.

Eks Sekwan DPRD Gianyar, I Ketut Astawa Suyasa dijagokan merebut kursi Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Gerindra. 

Nama Astawa Suyasa dikirim bersama 3 caleg terpilih hasil Pemilu 2024 ke DPD Gerindra Provinsi Bali untuk selanjutnya dikocok dan ditentukan satu kandidat calon wakil ketua dewan. Astawa Suyasa politisi Gerindra asal Desa Serongga, Kecamatan Gianyar yang berstatus incumbent dijagokan karena pengalaman di dewan dan pernah menjabat Sekwan Gianyar. Dia dibayangi 3 kader Gerindra lainnya yakni Gusti Ngurah Kapidada, Gusti Ngurah Agus Supriadi dan Ida Bagus Gde Suryawan. Para elit Gerindra Gianyar ini akan tempur berebut tiket pimpinan dewan.

Ketua OKK DPC Partai Gerindra Gianyar, I Gusti Made Suandi, Selasa (6/8) mengatakan, personel yang duduk di posisi Wakil Ketua DPRD Gianyar ditentukan DPD Gerindra Provinsi Bali. “Jadi seluruh caleg terpilih yang lolos di DPRD Gianyar dari Partai Gerindra diajukan ke DPD Provinsi,” jelas Suandi. 

Kata Suandi, penyerahan nama-nama yang lolos disertai perolehan suara, jabatan di partai, integritas dan loyalitas terhadap partai. Hal tersebut menurutnya sudah sesuai aturan partai, dan penentuan nanti menunggu keputusan DPD Gerindra Provinsi Bali. 

Suandi sendiri mengungkapkan, seluruh caleg yang lolos juga menyatakan kesiapan dan legowo bila tidak dipilih sebagai Wakil Ketua DPRD.

Artinya, jika bukan Astawa Suyasa, incumbent Gusti Ngurah Kapidada yang posisinya sebagai Wakil Ketua di DPC Gerindra Gianyar juga berpeluang. Kapidada telah membuktikan loyalitas saat Pileg 2024 dengan habis-habisan menahan gempuran caleg lain, sehingga mampu mempertahankan kursi dewan.

Pelantikan 45 caleg terpilih DPRD Kabupaten Gianyar akan digelar pada Senin (12/8) mendatang. Berdasarkan perolehan kursi, PDI Perjuangan mendominasi sebanyak 31 anggota dewan dan dipastikan akan menempati posisi Ketua DPRD. Sementara Partai Golkar memperoleh 5 kursi, Gerindra 4 kursi, Demokrat 3, NasDem 1 kursi dan Perindo 1 kursi.nvi

Komentar