nusabali

Emirates Airlines Tambah Penerbangan Langsung ke Bali

  • www.nusabali.com-emirates-airlines-tambah-penerbangan-langsung-ke-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menginformasikan bahwa sejumlah maskapai internasional siap membuka rute penerbangan langsung ke Indonesia. Salah satunya adalah maskapai asal Uni Emirat Arab, Emirates Airlines, yang akan menambah slot penerbangan ke Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya, melalui keterangan tertulis yang diterima, Rabu (7/8/2024).

Nia mengatakan bahwa mulai 1 September hingga 26 Oktober 2024, Emirates akan mengoperasikan dua armada pesawat Airbus A380 yang melayani 14 kali penerbangan per pekan ke Bali. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah memberikan izin kepada Emirates Airlines dan juga terima kasih kepada Emirates Airlines, karena ini akan memberikan pilihan yang lebih kepada wisatawan dan dari kami tentunya ini akan membantu untuk pencapaian target wisatawan mancanegara ke Indonesia," ujar Nia.

Ia menjelaskan bahwa dengan adanya penambahan armada penerbangan ini, maka kapasitas penerbangan Emirates pun akan bertambah dari 7.301 kursi per pekan menjadi 8.610 kursi per pekan.

Selain Emirates, baru-baru ini ada beberapa maskapai penerbangan internasional yang membuka rute penerbangan baru ke Indonesia. 

Berikut adalah beberapa maskapai yang akan menambah rute ke Bali:

  • Jeju Air:
  • Maskapai asal Korea Selatan ini akan membuka rute penerbangan Incheon menuju Denpasar, Bali, dan sebaliknya mulai 27 Oktober 2024.
  • Air Asia:
  • Air Asia akan membuka rute penerbangan ke enam kota di Indonesia, termasuk Denpasar. 
  • Berikut rincian rutenya:
  • Rute Kota Kinabalu-Denpasar mulai 9 Agustus 2024 dengan jadwal tiga kali sepekan.
  • Rute Phuket-Denpasar mulai 10 Agustus 2024 dengan jadwal tiga kali sepekan.
  • Rute Cairns-Denpasar mulai 15 Agustus 2024 dengan jadwal tiga kali sepekan.
  • China Southern Airlines:
  • Maskapai utama Tiongkok ini direncanakan membuka kembali rute Shenzhen-Denpasar mulai 19 Agustus 2024, dengan jadwal tujuh kali sepekan.

Nia Niscaya menambahkan bahwa penambahan rute dan peningkatan kapasitas penerbangan ini diharapkan dapat mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali dan Indonesia pada umumnya. "Dengan semakin banyaknya pilihan penerbangan langsung, kami optimis dapat mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara yang telah ditetapkan," tambah Nia.

Rencana penambahan rute penerbangan oleh berbagai maskapai ini disambut baik oleh para pelaku industri pariwisata di Bali. Mereka berharap hal ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang sempat menurun akibat pandemi.

Dengan upaya yang terus dilakukan oleh Kemenparekraf dan dukungan dari berbagai pihak, pariwisata Bali diharapkan dapat pulih dan kembali menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara.

Komentar