nusabali

Balap Sampan Awali Semarak HUT Kota Negara

  • www.nusabali.com-balap-sampan-awali-semarak-hut-kota-negara

NEGARA, NusaBali - Berbagai kegiatan akan digelar selama sebulan lebih serangkaian memperingati HUT ke-129 Kota Negara, Jembrana. Rangkaian peringatan ini diawali Lomba Balap Sampan Tradisional di sepanjang muara Sungai Perancak-Samblong, Desa Perancak-Kelurahan Sangkaragung, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Rabu (7/8).

Ada 23 pasang peserta atau 23 sampan ikut ambil bagian dalam lomba ini. Mereka beradu cepat melawan arus sungai sepanjang sekitar 10 kilometer dari muara di Desa Perancak dan finis di Banjar Samblong, Kelurahan Sangkaragung.

Lomba yang menjadi salah satu agenda rutin tiap menyambut HUT Kota Negara ini mendapat perhatian yang cukup besar dari masyarakat. Terbukti dengan membeludaknya antusiasme penonton di tepian sungai dari garis start hingga finish di sebelah selatan Jembatan Samblong.

Lomba balap sampan tradisional tahun ini, dijuarai oleh pasangan I Gede Sudania dan I Gede Sandi Adyana dengan waktu tempuh selama 32 menit 46 detik. Pasangan Sudania dan Sandi yang warga Kelurahan Sangkaragung, ini berhak mendapat hadiah uang Rp 2,5 juta. 

Kemudian juara 2 diraih pasangan dari Desa Air Kuning, yakni Ahyar Aditya dan Masri dengan waktu tempuh 33 menit 36 detik. Jaura 2 berhak menerima hadiah uang sebesar Rp 2 juta. Sedangkan juara 3 dengan waktu tempuh 33 menit 47 detik, diraih pasangan I Putu Juliantara dan Kadek Peri Pranata dari Kelurahan Sangkaragung yang sekaligus berhak mendapat hadiah uang Rp 1,8 juta.

Sekda Jembrana I Made Budiasa menyampaikan, lomba balap sampan tradisional ini adalah kegiatan awal dari banyaknya kegiatan yang akan dilaksanakan guna memperingati HUT ke129 Kota Negara. Dirinya pun berharap masyarakat akan meramaikan berbagai kegiatan yang akan digelar hingga pertengahan bulan September mendatang. "Ada berbagai kegiatan yang akan digelar. Mari kita ramaikan seluruh rangkaian kegiatan HUT Kota Negara," ujar Sekda Budiasa.

Adapun berbagai kegiatan itu, antara lain lomba gerak jalan kreasi tingkat SD pada tanggal 8 Agustus. Kemudian olahraga rekreasi lari karung, terompah panjang, dan memasukan paku ke dalam botol antar OPD pada tanggal 9 Agustus. Lomba gerak jalan kreasi tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK/MA pada tanggal 10 Agustus, Makepung Bupati Cup pada tanggal 11 Agustus 2024.

Kemudian ada lomba mancing di area Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno, Jembrana, pada tanggal 18 Agustus. Tarkam Kemenpora tanggal 23-25 Agustus, pameran dan lomba seni burung berkicau tanggal 25 Agustus, lomba gong kebyar wanita tanggal 27-30 Agustus, lomba baleganjur tingkat SD dan SMP tanggal 30-31 Agustus, pameran kerajinan industri tanggal 10-14 September, lomba penjor tanggal 13 September, pawai budaya tanggal 14 September, dan lomba layang-layang tanggal 14-15 September.7ode

Komentar