nusabali

Serentak 10 Kecamatan Plenokan DPHP

  • www.nusabali.com-serentak-10-kecamatan-plenokan-dphp

TABANAN, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan telah melaksanakan rapat pleno serentak di 10 kecamatan terkait proses rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Pilkada Tabanan Kamis (8/8). Selanjutnya akan dilakukan rapat pleno di tingkat kabupaten.

Pleno tingkat kecamatan dilakukan setelah rampungnya pleno di 133 desa di Tabanan. Selama proses pleno tak ditemukan adanya masalah krusial seluruhnya berjalan lancar. 

Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra mengatakan tahapan selanjutnya adalah pleno DPHP ditingkat kabupaten. "Pleno di tingkat kecamatan sudah serentak dilakukan di kantor camat masing-masing," ujarnya. 

Untuk selanjutnya, tegas Suwitra, setelah tahapan di kecamatan, pleno rekapitulasi akan dilanjutkan di tingkat Kabupaten oleh KPU Tabanan. "Kami akan mengadakan Pra Rekap terlebih dahulu pada 9 Agustus 2024, sebelum melanjutkan dengan Pleno Rekapitulasi DPHP pada Sabtu, 10 Agustus 2024," jelasnya.

Menurutnya, proses rekapitulasi ini menjadi langkah penting dalam memastikan daftar pemilih yang valid dan akurat untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan. 

Dia pun menegaskan KPU Tabanan terus berkomitmen untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam setiap tahapan pemilu demi terwujudnya pemilu yang demokratis dan kredibel. "Tahapan ke proses penetapan DPT (daftar pemilih tetap) masih panjang," tandas Suwitra. 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan sudah 100 persen melaksanakan coklit (pencocokan dan penelitian) daftar pemilih persiapan Pilkada Tabanan. Ada 376.237 daftar pemilih yang dicoklit oleh Pantarlih (petugas pemutakhiran data pemilih).7des

Komentar