nusabali

Peringati HUT Desa, Batuagung Gelar Harsa Festival

  • www.nusabali.com-peringati-hut-desa-batuagung-gelar-harsa-festival

NEGARA, NusaBali - Dalam rangka memperingati HUT desa sekaligus HUT Kemerdekaan RI dan HUT Kota Negara, Pemerintah Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, menggelar Batuagung Harsa Festival. Festival di Kantor Desa Batuagung ini diisi pameran berbagai UMKM desa setempat dan sejumlah acara hiburan.

Batuagung Harsa Festival ini diadakan selama 3 hari mulai Kamis (8/8) hingga Sabtu (10/8). Festival yang juga baru pertama kali diadakan Pemerintah Batuagung ini dibuka oleh Kabid Perdagangan pada Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Jembrana Citrarasmi. Dia hadir mewakili Bupati Jembrana I Nengah Tamba.

Perbekel Batuagung I Nyoman Sudarma mengatakan, total ada 15 stand yang meramaikan Batuagung Harsa Festival ini. Stand itu diisi berbagai UMKM lokal termasuk satu stand Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat. 

"Selain berbagai produk kuliner, ada berbagai hasil bumi dan sejumlah produk kerajinan songket lokal Desa Batuagung yang kita pamerkan," ujarnya.

Di samping memperingati HUT ke-94 Desa Batuagung, Sudarma menyatakan, festival ini digelar sebagai media untuk memperkenalkan potensi Desa Batuagung. Baik itu menyangkut kerajinan hingga seni dan budaya. Pada festival hari pertama, Kamis malam kemarin, diisi pertunjukan salah satu band lokal dan jegog mabarung. 

Kemudian pada hari H peringatan HUT Desa Batuagung, Jumat (9/8), disi kegiatan jalan santai, berbagai perlombaan hiburan, joged bumbung, dan hiburan dari sejumlah band lokal. Sementara pada hari terkahir, Sabtu (10/8), juga akan diisi hiburan dari artis-artis lokal, dancer, dan penutup dengan menghadirkan bintang tamu Budi Arsa dan Made Gimbal. "Selain festival, kita juga adakan turnamen bola voly yang finalnya diadakan malam ini (malam kemarin, red)," ujarnya. 

Sementara Bupati Jembrana dalam sambutan yang dibacakan Citrarasmi menyampaikan  kegembiraanya atas terselenggaranya festival ini. Menurutnya Batuagung Harsa Festival merupakan satu wujud pelestarian dan pengembangan seni yang diwariskan oleh leluhur dan sudah sepatutnya dijaga bersama keajegan dan kelestariannya untuk para generasi penerus.7ode

Komentar