nusabali

Camat Diserahi Pelantikan 577 Anggota BPD

  • www.nusabali.com-camat-diserahi-pelantikan-577-anggota-bpd

Mestinya pelantikan anggota BPD bersama dengan pelantikan perbekel yang masa jabatannya juga diperpanjang 2 tahun.

AMLAPURA, NusaBali
Pelantikan 577 anggota BPD yang jabatannya diperpanjang 2 tahun di 75 desa diserahkan kepada delapan camat, atas nama Bupati Karangasem. SK Bupati untuk perpanjangan jabatan tersebut telah diterbitkan.

“Mestinya pelantikan anggota BPD bersama dengan pelantikan perbekel yang masa jabatannya juga diperpanjang 2 tahun, ternyata pelantikan jabatan perbekel saja yang telah berjalan,” jelas Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Karangasem I Made Sugiartha, kepada NusaBali di ruang kerjanya, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Kamis (8/8).

Meski demikian SK Bupati untuk 577 anggota BPD, masih dia pegang, belum diserahkan kepada delapan camat. Hanya saja pemberitahuan agar camat yang melantik, telah berjalan. Harapannya nanti, agar BPD bukan sekadar tukang stempel tetapi menjadi mitra kerja perbekel. Perpanjangan masa jabatan BPD itu merupakan amanat UU Nomor 3 tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 6 tahun 2014, tentang Desa.

Perpanjangan sama jabatan BPD dari 6 tahun menjadi 8 tahun, ada konsekuensisnya. Antara lain, adanya pembahasan Peraturan Desa tentang rencana pembangunan jangka meneangah desa (RPJMDes) mestinya menyesuaikan dengan masa jabatan perbekel.

Camat Kubu I Gede Kaneka Setiawan mengakui, dirinya telah mendapatkan informasi, agar pihak camat melantik anggota BPD, atas nama Bupati Karangasem. “Kami telah berkomunikasi dengan pihak desa, bisa saja, pelantikan kami agendakan setelah 17 Agustus,” jelas Camat Kubu.

Camat Sidemen AA Made Agung Surya Jaya juga mengatakan demikian, “Sementara masih sibuk, saya agendakan setelah 17 Agustus, menggelar pelantikan anggota BD yang berasal dari 10 desa berjumlah 67 orang,” jelas mantan Camat Rendang dan Camat Abang. Begitu juga menurut Camat Manggis Putu Eka Putra Tirtana, juga mengatakan akan menggelar pelantikan anggota BPD berasal dari 12 desa sebanyak 92 anggota, setelah 17 Agustus.

Perbekel Bebandem, Kecamatan Bebandem I Gede Partadana mengapresiasi atas acara yang akan dilaksanakan di Kantor Camat Bebandem. “Tinggal menunggu jadwal pelantikan, dari Desa Bebandem ada 9 anggota BPD, mewilayahi 10 banjar dinas,” kata Partadana.

Di Karangasem ada 577 anggota BPD berasal dari 75 desa, tersebar di Kecamatan Rendang sebanyak 52 anggota, Selat sebanyak 68 anggota, Sidemen sebanyak 67 anggota, manggis sebanyak 92 anggota, Karangasem sebanyak 65 anggota, Bebandem sebanyak 67 anggota, Abang sebanyak 114 anggota, dan Kubu sebanyak 77 anggota.k16

Komentar