nusabali

Tim Hukum PDIP Anggap Lemah Keterangan Saksi Ahli KPU

  • www.nusabali.com-tim-hukum-pdip-anggap-lemah-keterangan-saksi-ahli-kpu

JAKARTA, NusaBali - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) kembali menggelar sidang lanjutan permohonan tim hukum PDI Perjuangan (PDIP) dengan tergugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang meloloskan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres.

Sidang beragenda mendengarkan saksi ahli dari KPU yang juga berstatus pengajar Fakultas Hukum UNS, yakni Agus Riewanto dipimpin oleh Joko Setiono selaku ketua majelis di Ruang Kartika, Jalan Sentra Primer, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (8/8). 

Ketua Tim Hukum PDIP,  Prof. Gayus Lumbuun menganggap, keterangan saksi ahli dari KPU tidak didasarkan keilmuan dan tak jujur. Misalnya, kata Gayus, ahli dalam persidangan menganggap putusan MK berkaitan kepemiluan tidak perlu lagi dikonsultasikan ke DPR. Pernyataan itu jelas bertentangan dengan aturan yang mewajibkan keputusan MK harus dibahas ke parlemen. Gayus menyatakan itu, usai persidangan. “Putusan MK itu harus dibawa ke DPR atau Presiden RI untuk dilakukan sebelum dilaksanakan untuk dengar pendapat publik. Itu bunyinya. Tadi oleh ahli tidak perlu, bisa langsung dilaksanakan, itu dibuat dan direkam tadi. Saya keberatan, karena ini kita kejujuran seorang ahli, seorang dosen, tidak jujur,” kata Gayus melalui keterangan tertulisnya.

Mantan Rektor Universitas Krisnadwipayana ini mengayatakan, muncul imbas negatif atau terjadi kekosongan hukum ketika putusan MK tidak dikonsultasikan oleh KPU ke Senayan.

“Kalau ini dibenarkan, KPU menggunakan undang-undang selama proses pemilu itu ada kekosongan hukum. Jadi, tidak murni hukum yang digunakan secara utuh,” ucap Gayus.

Gayus mengatakan, saksi yang juga berstatus dosen seharusnya bisa berkata jujur dan berkata sesuai keilmuan tentang hukum tata negara. “Dosen itu satu hal yang tidak boleh dilanggar itu, kejujuran. Dosen boleh salah, karena ilmu itu bisa salah dan benar, kemudian ada lebih benar lagi, harus jujur, dosen itu harus jujur,” lanjut mantan legislator Komisi III DPR RI itu.

Gayus berkaca dari keterangan ahli dalam sidang menilai, KPU tak bisa membantah adanya perbuatan melawan hukum dari lembaga kepemiluan tersebut ketika menerima pencalonan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 RI. “Ini kelemahan dari tergugat yang menghadirkan seseorang. Saya tidak mengatakan tidak cakap atau tidak punya kompetensi. Beliau seorang dosen, pernah menjabat di KPUD, artinya sangat paham, tetapi banyak tidak tahu,” kata dia.

Gayus dalam kesempatan yang sama juga menyoroti aksi seorang pihak Tergugat II intervensi, yakni pengacara paslon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Diketahui, seorang pengacara Prabowo-Gibran memang terekam menggebrak meja ketika ahli sedang ditanyai anggota tim hukum PDIP, Alvon Kurnia Palma. Alvon ketika itu menanyakan ke ahli soal perlunya putusan MK kembali dikonsultasikan oleh lembaga berwenang atau eksekutif ke DPR sebagai legislatif.

Menurut Gayus, tindakan pihak Tergugat II intervensi yang menggebrak meja dalam persidangan masuk kategori pelecehan atau penghinaan pengadilan.K22 

Komentar