nusabali

KONI Pusat Minta Pembangunan Stadion Utama Sumut Dipercepat

  • www.nusabali.com-koni-pusat-minta-pembangunan-stadion-utama-sumut-dipercepat

MEDAN, NusaBali - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat minta proses pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara segera dilakukan percepatan. Pasalnya stadion tersebut akan menjadi arena penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut.

Wakil Ketua I KONI Pusat Suwarno mengatakan percepatan itu dilakukan mengingat waktu pelaksanaan PON hanya tinggal 30 hari lagi.

"Kemarin baru 83 persen di mana perkembangan tiap minggu itu hanya tiga persen," ujar Suwarno, di sela-sela acara Delegation Registration Meeting (DRM) PON XXI 2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumatera Utara, Medan, Jumat (9/8).

Menurut Suwarno, jika persiapannya ditargetkan hanya tiga persen dalam seminggu. Artinya pembangunan Stadion Utama di Desa Sena Kabupaten Deli Serdang itu akan rampung pada bulan September

"Jadi kalau kurang 17 persen dibagi 3 persen maka enam minggu kemudian akan selesai. Enam minggu dihitung dari sekarang masuk bulan September. Maka harus dilakukan percepatan dalam proses pembangunannya," kata Suwarno.

Untuk itu, Suwarno berharap seluruh pemangku kebijakan terkait untuk melakukan percepatan pembangunan agar PON 2024 dapat terlaksana dengan baik. Dia juga menjelaskan PB PON menginginkan persiapan ajang olahraga terbesar di Indonesia ini selesai pada Agustus 2024.

Namun, Suwarno mengakui persiapan PON 2024 cukup berbeda dari ajang olahraga nasional sebelumnya karena PON 2024 untuk pertama kali-nya memiliki dua tuan rumah di dua provinsi.

"Tapi seluruh persiapan harus dimaksimalkan di sisa waktu yang ada," ujar Suwarno.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni menyebutkan, proses pembangunan Stadion Utama Sumut telah mencapai 83 persen. Dia menegaskan bahwa persiapan ajang olahraga nasional itu di wilayahnya akan rampung pada pertengahan Agustus 2024. ant

Komentar