nusabali

Disdikpora Badung Gelar Studi Eksplorasi ke Green School

Jadi Rangkaian Badung Education Fair 2024

  • www.nusabali.com-disdikpora-badung-gelar-studi-eksplorasi-ke-green-school

MANGUPURA, NusaBali.com - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung menggelar kunjungan ke Green School Bali yang beralamat di Desa Sibang Kaja Kecamatan Abiansemal, Jumat (9/8). Kunjungan berupa studi eksplorasi ini digelar serangkaian Badung Education Fair 2024.

Kabid Sekolah Dasar (SD) Disdikpora Badung Rai Twistyanti Raharja yang bertindak sebagai pimpinan rombongan mengungkapkan, Disdikpora Kabupaten Badung melaksanakan studi eksplorasi ke Green School untuk mengetahui apa yang dipelajari di sekolah tersebut. "Di sana ada 160 siswa maupun guru dari sekolah negeri dan swasta di Kabupaten Badung, kemudian ada 15 orang komunitas guru penggerak yang bersama-sama datang ke sana untuk belajar apa sih sebetulnya yang dipelajari di Green School," ujarnya.

Menurutnya, saat ini Green School merupakan salah satu sekolah yang berwawasan lingkungan. Di sana tidak terbatas dengan pakem-pakem yang baku dan sekolah mengajarkan anak untuk bebas dan merdeka belajar. "Jadi kami mengajak rekan-rekan guru dan siswa untuk bersama-sama belajar di sana untuk mengembangkan wawasan terkait lingkungan," ungkap Rai.

Lanjutnya, kegiatan ini merupakan Road to Badung Education Fair 2024 dan puncak acaranya akan dilaksanakan pada Oktober 2024. Kegiatan ini adalah semacam pemanasan untuk membangun momen kepada Badung Education Fair 2024. Dipilihnya sekolah tersebut, karena Green School merupakan salah satu pihak swasta yang bekerja sama yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Pemkab Badung. "Komitmennya adalah kami bersama-sama Green School untuk mendidik siswa terkait lingkungan," jelasnya.

Dia kembali menegaskan, ini merupakan salah satu rangkaian Badung Education Fair 2024 dan bulan Agustus Disdikpora akan melaksanakan studi eksplorasi. Salah satunya ke Green School. "Kemudian ada pihak-pihak lain yang juga sudah sangat siap untuk menyambut kami. Di antaranya Garuda Wisnu Kencana, Museum Fasifika, kemudian ada juga PT Bambu. Jadi ini konsep merdeka belajarnya kita kuatkan supaya anak-anak bisa langsung belajar di alam. Belajar bisa dari mana saja," ungkapnya.

Rai Twistyanti Raharja berharap, ke depannya wawasan anak-anak jadi terbuka dan tidak terkungkung bahwa belajar itu hanya di meja, tidak hanya dengan buku saja tetapi bisa langsung eksplorasi di alam. "Jadi kembali lagi seperti anak-anak zaman dulu. Kita harapkan anak lebih aktif, lebih sensitif membangun rasa. Jadi itulah yang kita harapkan setelah kegiatan ini," katanya. @ind

Komentar