nusabali

Pimpinan Sementara DPRD Karangasem, Suastika Ketua, Weisya Wakil

  • www.nusabali.com-pimpinan-sementara-dprd-karangasem-suastika-ketua-weisya-wakil

AMLAPURA, NusaBali - Incumbent Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika dari Fraksi PDI Perjuangan ditunjuk sebagai ketua sementara DPRD, karena PDIP sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2024.

Dia didampingi Ketua Fraksi Partai Gerindra Kadek Weisya Kusmiadewi sebagai wakil ketua sementara DPRD, karena Partai Gerindra sebagai pemenang kedua. Keduanya nanti bakal memimpin DPRD Karangasem usai pelantikan pada Kamis (15/8).

Wayan Suastika ditunjuk sebagai ketua sementara DPRD, berdasarkan surat dari DPC PDIP Karangasem Nomor 71/EX/DPC-02.08/VIII/2024, per 7 Agustus 2024 perihal pengajuan pimpinan sementara DPRD Karangasem, ditandatangani Ketua DPC I Gede Dana dan Sekretaris I Wayan Suastika.

Ketua DPC PDIP Karangasem yang juga Bupati Karangasem I Gede Dana membenarkan Ketua PAC PDIP Kecamatan Selat I Wayan Suastika dapat penugasan dari PDIP, sebagai ketua sementara DPRD Karangasem sesuai surat penugasan yang dikeluarkan DPC PDIP. 

“Sebagai ketua sementara DPRD Karangasem, nanti untuk ketua definitif, kembali berproses,” kata Gede Dana di Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Sabtu (10/8).

PDIP Karangasem sebelumnya mengajukan empat nama sebagai calon ketua DPRD Karangasem, masing-masing, Sekretaris DPC I Wayan Sudiara, Bendahara DPC I Made Ruspita, Wakil Ketua DPC Bidang Hukum Hak Asasi Manusia dan Perundang-Undangan I Wayan Sumatra, dan Ketua PAC PDIP Selat I Wayan Suastika.

"Ya, kan sebagai ketua sementara DPRD, nanti untuk ketua definitif masih berproses,” ucap Wayan Suastika menanggapi penugasan dari PDIP tersebut.
Wayan Suastika, politisi asal Banjar Juuk Legi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, mencatat sejarah di Pemilu Legislatif 2024, meraih suara tertinggi di Karangasem dengan 7.314 suara. Dia lolos sebagai anggota DPRD Karangasem dari Daerah Pemilihan (Dapil) Karangasem IV (Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Sidemen) empat periode, 2009-2014, 2014-2019, 2019-2024, dan 2024-2029. 

Dukungan yang diperoleh Wayan Suastika di tiap pemilu legislatif terus meningkat. Di Pemilu Legislatif 2014 membukukan 3.879 suara, menyusul tahun 2019 sebanyak 5.391 suara, dan pada Pileg 2024 mengalami peningkatan tajam 7.314 suara.

Bahkan Wayan Suastika merupakan anggota DPRD pertama di Karangasem yang mampu mengawinkan jabatan di legislatif lolos bersama istrinya Ni Kadek Darmini di Pemilu 2014. Prestasi itu diulangi tahun 2019 dan tahun 2024.

Ketua Fraksi Gerindra Kadek Weisya Kusmiadewi yang dipercaya DPC Partai Gerindra sebagai wakil ketua sementara DPRD Karangasem berdasarkan penunjukan dari DPC Partai Gerindra dalam surat Nomor B1-7/08-001/B/DPC-Gerindra/2024 per 7 Agustus 2024, perihal usulan pimpinan sementara DPRD Karangasem ditandatangani Ketua DPC Partai Gerindra I Nyoman Suyasa dan Sekretaris I Komang Dana Adiadnyana.

“Saya juga sebagai wakil ketua sementara DPRD, nanti jabatan wakil ketua definitif tergantung DPP,” ujar Kusmiadewi, yang di Pemilu Legislatif 2024 meraih 3.767 suara dari Daerah Pemilihan Karangasem I Kecamatan Karangasem.

Kusmiadewi dari Partai Gerindra menjabat sebagai wakil ketua sementara DPRD Karangasem karena partai tersebut sebagai pemenang kedua pemilu dengan 9 kursi, sedangkan pemenang Pemilu Legislatif 2024 adalah PDIP  dengan 15 kursi.

Sekwan DPRD Karangasem I Nengah Mindra membenarkan telah menerima dua surat usulan sebagai pimpinan DPRD Karangasem. “Ya, surat sudah kami terima, yang diusulkan jadi pimpinan sementara DPRD dari DPC PDIP dan DPC Partai Gerindra,” ucap Mindra. 7 k16

Komentar