nusabali

Sang Saka Tiba di Ibu Kota Nusantara

Presiden: Kirab Bendera dari Monas ke IKN Momen Bersejarah

  • www.nusabali.com-sang-saka-tiba-di-ibu-kota-nusantara

JAKARTA, NusaBali - Menjelang akhir dari masa jabatannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggurat sejarah.

Kali ini, sejarah tersebut mengisahkan pelaksanaan kirab duplikat bendera Sang Saka Merah Putih dan Teks Proklamasi.

Pada Sabtu, 10 Agustus 2024, duplikat Sang Saka Merah Putih untuk pertama kalinya meninggalkan singgasana yang berlokasi di jantung Indonesia guna dikibarkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Sebuah kawasan yang dibidik menjadi jantung baru tanah air.

Presiden Jokowi mengatakan kirab Sang Saka Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia.

“Hari ini tercipta momen bersejarah. Untuk pertama kalinya, bendera duplikat Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi diarak dari Monas ke Ibu Kota Nusantara (IKN),” ucap Jokowi melalui akun media sosial Instagram @jokowi dipantau dari Jakarta, Sabtu kemarin.

Kepala Negara menyebut kirab tersebut merupakan bagian dari peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI.

Dia mengatakan berbagai elemen masyarakat terlibat, termasuk 180 Abang-None Jakarta, 122 Purna Paskibraka DKI Jakarta serta siswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), politeknik, dan pamong praja.

Selain itu, kata Presiden, kesenian dan kearifan lokal turut memeriahkan kirab tersebut, sehingga menghadirkan nuansa budaya yang kental sepanjang perjalanan.

“Semoga semangat kebangsaan, persatuan, dan gotong royong terus menyala dan menginspirasi seluruh rakyat Indonesia,” kata Presiden.

Kirab dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monas dari Kepala Sekretariat Presiden kepada Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila.

Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah, sedangkan yang bertugas sebagai pembawa Teks Proklamasi, yaitu Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.Kachina merupakan utusan Putri Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang pernah dipercaya sebagai Pemimpin Upacara Paskibraka di Istana Negara, Jakarta, pada 15 Agustus 2023.

Pelajar kelahiran 26 Juni 2007 itu merupakan siswi SMA Negeri 2 Palangka Raya yang telah menunjukkan dedikasinya dalam berbagai kegiatan nasional.

Sedangkan Keyla merupakan perwakilan SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Perempuan kelahiran 10 September 2007 itu berpengalaman menerima bendera yang diturunkan oleh Paskibraka Nasional 2023 di Istana Negara, Jakarta.

Kachina dan Keyla memangku replika Sang Saka Merah Putih dan Teks Proklamasi di mobil Maung Pindad dalam prosesi kirab dari kawasan Monas menuju Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pantauan Antara, duplikat Sang Saka Merah Putih dan salinan naskah Teks Proklamasi yang dibawa oleh tim Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023, tiba di Istana Negara IKN pukul 15.28 Wita.

Kirab bendera pusaka dan naskah Teks Proklamasi disambut oleh siswa dan siswi sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas, yang berdiri membawa bendera di sepanjang jalan masuk menuju Istana Negara IKN.

Kendaraan yang membawa bendera pusaka dan naskah teks proklamasi kemudian masuk melalui gerbang utama Istana Negara IKN.

Bendera pusaka dan naskah proklamasi diserahterimakan kepada ADC (Aide-de-camp/sekretaris/ajudan) Presiden, dan dilaporkan kepada Kepala Sekretariat Presiden, lalu disimpan di sebuah ruangan khusus di Istana Negara IKN.

Sebelumnya pesawat rombongan kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Sabtu sekitar pukul 09.53 WIB.

Tim Purna Paskibraka DKI Jakarta 2023 yang terdiri dari 22 orang bersama enam personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menyambut kedatangan rombongan kirab di Bandara Halim Perdanakusuma.

Sementara itu, di area lapangan terbang, satu unit pesawat TNI Angkatan Udara jenis Boeing 737-400 siap mengangkut rombongan kirab menuju IKN, Kalimantan Timur.

Di dasar tangga menuju pintu masuk pesawat, tampak terbentang karpet merah yang dijaga personel Paspampres dan Tim Purna Paskibraka DKI Jakarta 2023 di masing-masing sisinya.

Rombongan kirab dari Monas tiba di lapangan terbang Halim Perdanakusuma tiba sekitar pukul 09.30 WIB.

Di Monas, kirab bendera dimulai dengan upacara resmi sejak pukul 06.00 WIB yang ditandai kehadiran Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Cawan Monas, sebagai titik penyimpanan bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi.

Prosesi penyerahan bendera dan Teks Proklamasi dari Sekretariat Presiden kepada Kachina dan Keyla berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB. 7 ant

Komentar