nusabali

‘Derby MU’ Imbang, PSM Gebuk Persis

Pelatih Persib Senang Buka Liga 1 dengan Hajar PSBS Biak

  • www.nusabali.com-derby-mu-imbang-psm-gebuk-persis

BANGKALAN, NusaBali - Kompetisi BRI Liga 1 menggelar dua laga pada pekan pembuka musim 2024/2025, Sabtu (10/8) sore. ‘Derby MU’ antara Madura United ditahan imbang Malut United 1-1, sedangkan PSM Makassar sukses membungkam Persis Solo 3-0.

Pada laga di Gelora Bangkalan, tuan rumah sekaligus finalis musim lalu, Madura United menjamu Malut United yang merupakan tim promosi. Laga berjalan seimbang hingga akhir babak pertama saat pemain asing Malut United, Cassio Scheid melakukan pelanggaran keras. Usai meninjau VAR, wasit Sance Lawita mengubah kartu kuning untuk Cassio menjadi kartu merah.

Kembali dari kamar ganti, Madura United yang unggul jumlah pemain mengurung pertahanan Malut United. Menit ke-65, Yance Sayuri melanggar Irfan Andi di kotak terlarang.
Wasit pun menunjuk titik putih. Setelah sempat terhenti cukup lama akibat protes para pemain Malut United, Lulinha dengan tenang sukses mengeksekusi penalti menjadi gol.

Malut United pun pantang menyerah. Menit ke-80, Malut United mendapat tendangan bebas tak langsung di dalam kotak penalti Madura United. Tatsuro Nagamatsu sukses memanfaatkan situasi ini untuk mencetak gol.

Skor imbang 1-1 tak berubah hingga wasit meniupkan peluit panjang. Madura United dan Malut United pun harus berbagi satu poin. Sedangngkan di Stadion Batakan, Balikpapan, PSM Makassar menghajar Persis Solo 3-0. Bomber asing baru PSM, Nermin Haljeta tampil luar biasa dengan memborong dua gol di menit ke-23 dan 32'.

Memasuki babak kedua, Persis mencoba memberikan perlawanan. Namun, Ramadhan Sananta dkk kesulitan membongkar pertahanan rapat PSM. Justru PSM memperbesar keunggulan pada menit ke-74. Solo run fantastis Rizky Eka Pratama dari belakang diakhiri dengan finishing yang gagal dibendung kiper Muhammad Riyandi.

Skor 3-0 untuk kemenangan PSM pun menjadi hasil akhir laga ini. Dengan hasil ini, PSM bersaing dengan Persib Bandung di papan atas klasemen BRI Liga 1 2024/2025. Persib sendiri menang 4-1 atas PSBS Biak pada laga pembuka Liga 1, Jumat malam.

Dalam laga di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, gol-gol Persib dicetak David Da Silva pada menit ke-18 dan 85, Beckham Putra menit ke-65, dan Ciro Alves menit ke-77. Sedangkan PSBS Biak menciptakan satu gol lewat Alexandro di menit ke-52.

Pelatih Persib Bojan Hodak mengungkapkan faktor kunci kemenangan timnya kontra PSBS Biak, adalah pergantian pemain yang tepat. Pelatih asal Kroasia itu menyebutkan anak-anak asuhnya bermain lebih baik setelah membuat beberapa peluang di babak pertama. Bojan juga mengakui perkembangan tim lawan di babak kedua yang akhirnya membuat timnya kebobolan.ant

Komentar