nusabali

NasDem Pastikan Rekomendasi untuk Paket GP

Demokrat Sebut Belum Ada Rekomendasi Resmi dari Pusat

  • www.nusabali.com-nasdem-pastikan-rekomendasi-untuk-paket-gp

AMLAPURA, NusaBali - Paket GP (I Gusti Putu Parwata dan I Wayan Pandu Prapanca Lagosa) dikabarkan telah mengantongi rekomendasi sebagai bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Karangasem untuk Pilkada Karangasem 27 November 2024. Informasinya Paket GP telah mendapat rekomendasi dari Partai NasDem dan Demokrat.

Ketua DPD Partai NasDem Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Sekretaris DPD NasDem Karangasem I Made Juita mengatakan rekomendasi dari DPP NasDem telah dikeluarkan per 9 Agustus 2024 masih dalam bentuk PDF (portable document format) dengan surat Nomor 452-SI/RP/BPP-NasDem/VIII/2024 ditandatangani Ketua Bappilu DPP Partai NasDem Prananda Surya Paloh dan Sekretaris Bappilu DPP Willy Aditya. "Rekomendasi telah turun dari Partai NasDem, tinggal menunggu deklarasi dan mendaftar di KPU Karangasem," ujar Mas Sumatri di Sekretariat GMT Karangasem, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Minggu (11/8) pukul 10.00 Wita.

Namun rekomendasi dari DPP Partai Demokrat hingga kemarin belum ada kepastian. Kandidat Cawabup I Wayan Pandu Prapanca Lagosa saat dikonfirmasi, Minggu kemarin enggan memberikan tanggapan. "Soal rekomendasi, tanyakan saja kepada Sekretaris DPC Partai Demokrat," kata mantan anggota DPRD Karangasem dari Fraksi PDIP periode 2004-2009 dan 2009-2014 ini. Namun Sekretaris DPC Demokrat Karangasem I Wayan Suparta berupaya menghindar memberikan keterangan soal turunnya rekomendasi itu. "Belum-belum," ucapnya singkat sambil berlalu. 

Sementara Ketua DPC Demokrat Karangasem I Komang Wirawan dihubungi berkali-kali ada nada sambung, hanya saja tidak memberikan respons. Dikonfirmasi terpisah Ketua DPD Demokrat Provinsi Bali, I Made Mudarta mengatakan belum ada rekomendasi resmi dari DPP Demokrat untuk mengusung Cabup-cawabup Karangasem di Pilkada 2024. Mudarta menyebutkan adapun nama Cabup I Gusti Putu Parwata dan Cawabup Pandu Lagosa, itu baru aspirasi Satgas/mengatasnamakan masyarakat dan relawan yang disampaikan kepada DPC Demokrat Karangasem.

DPC Demokrat Karangasem memang menyampaikan adanya aspirasi Satgas/masyarakat terkait Cabup-cawabup Karangasem Parwata-Pandu Lagosa, namun DPD Demokrat belum mengirimkan kepada DPP Demokrat, karena DPP, DPD, DPC harus lakukan berbagai telaah untuk memutuskan mengusung paslon di Pilkada Karangasem. “Ketika DPP sudah memutuskan mengusung paslon akan ada pernyataan resmi kepada awak media. Aspirasi Satgas mengatasnamakan masyarakat di Karangasem ke DPC merupakan proses internal di partai saja,” ujar Mudarta dalam keterangannya.

Jika NasDem dan Demokrat berkoalisi di Pilkada Karangasem 2024, maka koalisi ini akan memiliki kekuatan 11 kursi dari total 45 kursi DPRD Karangasem atau sebesar 24,44 persen. Jumlah ini sudah bisa mengantarkan Paket GP untuk diusung sebagai Cabup-Cawabup Karangasem. Pengurus NasDem dan Demokrat Karangasem sendiri menggelar pertemuan terkait langkah di Pilkada Karangasem, Minggu kemarin.

Dalam pertemuan ini dihadiri bakal Cabup-Cawabup I Gusti Putu Parwata dan I Wayan Pandu Prapanca Lagosa, Ketua DPD NasDem Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Sekretaris DPD NasDem Karangasem I Made Juita, Sekretaris DPC Demokrat Karangasem I Wayan Suparta, Penasihat Relawan GMT (Gerakan Masyarakat Terpadu) I Gusti Made Tusan, Sekretaris MGPSSR (Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi) Karangasem I Ketut Alit Suardana, dan relawan PSNKK (Preti Sentana Sira Nararia Kresna Kepakisan) Karangasem.

Pertemuan dikoordinasikan Ketua Tim Pemenangan Paket GP, I Gede Krisna Adi Widana. Pertemuan kemarin diawali mengecek kesiapan relawan GMT di delapan kecamatan. Setiap koordinator GMT Kecamatan melaporkan perkembangan terakhir, sejauh mana telah merekrut relawan GMT di 75 desa dan 3 kelurahan, juga telah menyebarkan blangko dukungan lengkap dengan fotokopi e-KTP. Selanjutnya membahas persiapan deklarasi, berlanjut mendaftar di KPU Karangasem Selasa (27 Agustus). "Logika saja, kami melakukan pertemuan ini dengan agenda menggelar deklarasi dan mendaftar di KPU, itu artinya kan rekomendasi telah kami kantongi," kata Ketua Tim Pemenangan Paket GP, I Gede Krisna Adi Widana. 7 k16, nat

Komentar