nusabali

Pompa Rusak, Pelayanan Air Terganggu

  • www.nusabali.com-pompa-rusak-pelayanan-air-terganggu

BANGLI, NusaBali - Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Bangli di beberapa wilayah mengalami gangguan distribusi air.  Karena pompa Perumda di sumber mata air Cingang, Desa Kayubihi, Bangli, rusak.

Kabag Teknik Perumda Air Minum Tirta Danu Arta IB Prenawa mengatakan pada Sabtu (10/8) pihaknya merima laporan air di wilyah layanan Jalan Tamansari dan  Banjar/Lingkungan Sidembunut, Kelurahan Cempga, Bangli, tidak mengalir. 

Berkaitan dengan itu, petugas lapangan diturunkan melakukan penelusuran terhadap jaringan pipa tranmisi. Yang mana, dari penelusuran ditemukan jika kondisi pompa normal namun air tidak samapi ke bak pengumpul. "Perkiraan awal kuat dugaan ada jaringan pipa tranmisi yang putus," ungkapnya Minggu (11/8).

Setelah ditelusuri ternyata tidak ditemukan adanya jaringan pipa transmisi di bantaran Sungai Melangit putus. Namun, ada kerusakan pada mesin pompa. Diakui, mesin pompa dengan kapasitas 20 liter per detik yang rusak tersebut digunakan sejak 3 Agustus 2024. 

“Terjadi masalah pada motor pompa yang mengakibatkan air tidak bisa naik. Kini mesin sudah diangkat untuk perbaikan. Karena mesin masih bergaransi maka untuk perbaikan jadi tanggungjawab penyedia,” sebutnya. 

Dampak dari rusaknya motor pompa tersebut menyebabkan pelayanan untuk wilayah Banjar Sidembunut, kawasan permukiman LC Bukal, Jalan Tamnasari dan Jalan Sriwijaya serta Jalan Erlangga, terganggu. Pihak Perumda belum berani memastikan waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan. Karena belum tahu seberapa besar kerusakannya dan juga ketersedian dari suku cadang. 

Menurut IB Prenawa, jika suku cadang tersedia maka perbaikan bisa secepatnya tuntas. "Jika suku cadang harus pesan lebih dulu, maka butuh waktu untuk perbaikan karena menunggu suku cadang datang," sambungnya.7esa

Komentar