nusabali

SDN 1 Kubu dan SMPN 2 Abang Rebut Gelar BSC Pramuka

  • www.nusabali.com-sdn-1-kubu-dan-smpn-2-abang-rebut-gelar-bsc-pramuka

AMLAPURA, NusaBali - Kontingen SDN 1 Kubu, Kecamatan Kubu dan SMPN 2 Abang, Kecamatan Abang, Karangasem, masing-masing meraih juara dalam Lomba BSC (Bali Scout Creativity) Pramuka Karangasem 2024. Lomba serangkaian peringatan HUT Pramuka melombakan nomor jenjang SD, SMP, dan SMA.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karangasem Ida Bagus Putu Suastika mengumumkan pemenang lomba itu di GOR Gunung Agung, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Minggu (11/8).

SDN 1 Kubu menyabet gelar juara nomor Lomba Video Kreatif  Reels Istagram Golongan Pramuka Siaga Putri dan Lomba Video Tiktok Golongan Pramuka Siaga Putra. Sedangkan SMPN 2 Abang memenangkan Lomba Vlog Kreatif Golongan Pramuka Penggalang Tingkat Smp Putra dan Lomba Vlog Kreatif Golongan  Pramuka Penggalang Tingkat SMP Putri.

"Siswa berbakat belakangan ini munculnya dari sekolah pinggiran, sedangkan siswa di kota lebih sering kurang beruntung," jelas Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem Ida Bagus Putu Suastika.

Bahkan dari 4 nomor tingkat Pramuka Siaga, semuanya dimenangkan dari siswa sekolah pinggiran. Juara Video Kreatif Reels Istagram Golongan Pramuka Siaga Putra dimenangkan SDN 1 Tulamben, Kecamatan Kubu, dan Juara Lomba Video Kreatif Tiktok Golongan Pramuka Siaga Putri dimenangkan SDN 10 Tianyar, Kecamatan Kubu.

Itu artinya, dari empat nomor lomba tingkat Pramuka Siaga, semuanya dimenangkan dari Kecamatan Kubu. "Para pemenang itu memang lebih kreatif, cerdas dan karyanya lebih berkualitas," tambahnya.

Begitu juga di nomor Pramuka Penggalang. Dari dua nomor keduanya diboyong siswa dari sekolah pinggiran, SMPN 2 Abang, Kecamatan Abang. Bahkan saingan SMPN 2 Abang, juga semuanya datangnya dari sekolah pinggiran. Juara II lomba vlog kreatif golongan Pramuka Penggalang SMP Putra dimenangkan SMPN 2 Selat, dan juara III SMPN 1 Kubu.

Sedangkan juara II lomba vlog kreatif golongan Pramuka Penggalang SMP putri, dimenangkan SMPN 1 Kubu dan juara III SMPN 3 Rendang.

Kasek yang juga Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) SMPN 2 Abang I Wayan Sarya mengapresiasi prestasi anak didiknya mampu memboyong semua gelar juara. "Memang sejak awal berlatih optimal, di samping yang berlomba merupakan siswa berbakat yang merupakan pilihan SMPN 2 Abang," kata Sarya.

Lomba di tingkat pramuka penegak SMA dan SMK putra dan putri juga pemenangnya dari sekolah pinggiran. Juara Lomba Film Pendek Golongan Pramuka Penegak SMA-SMK Putra SMAN 1 Rendang dan Juara Lomba Film Pendek Golongan Pramuka Penegak SMA-SMK putri, SMAN 1 Manggis.

Kegiatan ini juga diisi lomba praktik baik pembina Pramuka Siaga dimenangkan Ni Nengah Sekarini dari  SDN 1 Sukadana, Kecamatan Kubu dan lomba pembina praktik baik pembina Pramuka Penggalang dimenangkan I Wayan Regeg Astika dari SMPN 2 Kubu, Kecamatan Kubu. Para pemenang nantinya diundang untuk menerima penghargaan di puncak HUT Pramuka, di Lapangan Tanah Aron Jalan Ngurah Rai Amlapura, Rabu (14/8).7k16

Komentar