nusabali

Paskibraka Badung Ditempa Penguatan Mental dan Wawasan Kebangsaan

  • www.nusabali.com-paskibraka-badung-ditempa-penguatan-mental-dan-wawasan-kebangsaan

MANGAPURA, NusaBali - Jelang HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), sebanyak 70 peserta yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Badung tahun 2024 mengikuti kegiatan penguatan mental dan wawasan kebangsaan. Acara ini digelar di ruang Rastina Pura Hotel Made Bali Jalan Raya Sempidi, Mengwi, pada Sabtu (10/8) malam.

Pembekalan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Badung I Made Jaya. Dalam sambutannya, dia menjelaskan bahwa Paskibraka tahun ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan oleh Bakesbangpol Badung, dari proses perekrutan hingga pengukuhan.

“Seleksi calon Paskibraka Kabupaten Badung 2024 diikuti oleh kurang lebih 700 peserta, namun yang lolos 70 peserta dengan melalui tahapan yang semua melalui sistem online, sehingga murni merupakan kemampuan para peserta tidak ada istilah dibantu atau dikatrol oleh oknum tertentu,” ujarnya.

Made Jaya juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan selama masa karantina yang sudah dimulai. “Semoga pada saat pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2024 nanti, semuanya dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

Sementara itu, narasumber dari Polres Badung Kasat Binmas Polres Badung Iptu I Ketut Gunaweda menyampaikan anggota Paskibraka bukan hanya sekadar pengibar bendera, melainkan calon pemimpin masa depan Kabupaten Badung. “Mari bulatkan tekad untuk Nusa dan Bangsa, khususnya bagi adik-adik Paskibraka yang akan melaksanakan Upacara Hari Jadi Negara Republik Indonesia ke-78 di Puspem Badung,” ujarnya.

Dalam sesi tersebut, Iptu Ketut Gunaweda juga memberikan materi mengenai situasi umum dan kerawanan daerah hukum Polres Badung, wawasan nusantara, serta refleksi kemerdekaan. Materi yang disampaikan juga mencakup pembahasan Trigatra dan Pancagatra, implementasi nilai-nilai Pancasila, serta kesadaran bela negara yang menjadi dasar dalam membentuk karakter bangsa yang kuat dan nasionalis.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Karakter Bangsa I Nyoman Trisna Aditia Warman, KBO Sat Intelkam Polres Badung Iptu AAG Ari Dwipayana, dan para pendamping calon Paskibraka Kabupaten Badung. Mereka bersama-sama memberikan dukungan dan semangat kepada para calon Paskibraka agar dapat menjalankan tugas mulia mereka dengan baik dan penuh tanggung jawab pada perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI mendatang. 7 cr79

Komentar